Implementasi Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Media Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2023/2024

anwar, okvia widad (2024) Implementasi Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Media Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Okvia Widad Anwar_201101010013.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK

Okvia Widad Anwar, 2024: Implementasi Model Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Media Teka Teki Silang (Crosword Puzzle) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2023/2024
Kata Kunci : Snowball Throwing, Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle).
Model pembelajaran Snowball Throwing dengan Media Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) merupakan salah satu jenis dari model pembelajaran Kooperatif yang pelaksanaannya peserta didik di perintah untuk mencari kelompok kemudian berdiskusi untuk menjawab pertanyaan pada bentuk konsep pembelajaran. Saat observasi di sekolah SMP Plus Darus Sholah masih banyak berbagai macam keluhan dari siswa mengenai pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dinilai membuat siswa kurang paham dan mengerti materi yang diajarkan serta pelajaran yang monoton membuat siswa bosan dalam belajar.
Fokus penelitian : 1) Bagaimana perencanaan implementasi model pembelajaran Snowball Throwing dengan media teka teki silang ( Crossword puzzle) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam? 2) Bagaimana pelaksanaan implementasi model pembelajaran Snowball Throwing dengan media teka teki silang (Crossword puzzle) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam? 3) Bagaimana evaluasi implementasi model pembelajaran Snowball Throwing dengan media teka teki silang ( Crossword puzzle ) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam?
Tujuan Penelitian ini : 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi model pembelajaran Snowball Throwing dengan media teka teki silang (Crossword puzzle) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan implementasi model pembelajaran Snowball Throwing dengan media teka teki silang (Crossword puzzle) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi implementasi model pembelajaran Snowball Throwing dengan media teka teki silang ( Crossword puzzle ) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk menguji kebasahan data dan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Perencanaan pada proses pembelajaran ada tiga komponen terdiri dari silabus, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP, dan bahan ajar berupa kertas yang digulung seperti bola salju yang berisikan pertanyaan, buku paket, tayangan (Crossword Puzzle) yang berupa aplikasi Puzzle org. 2) Pelaksanaan pendidik melaksanakan tiga tahap meliputi, a) kegiatan pendahuluan yakni meliputi pendidik mengucapkan salam, memimpin doa, absensi siswa dan menyampikan materi pembelajaran secara singkat b) kegiatan inti meliputi langkah-langkah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dengan media teka-teki silang (Crossword Puzzle) yaitu pendidik membentuk beberapa kelompok,lalu pendidik meleparkan bola yang berbetuk salju kepada siswa, bila ada siswa yang terkena lemparan pendidik mengintruksikan untuk maju kedepan membaca pertanyaan yang ada didalam bola tersebut, jika sudah menemukan jawaban peserta didik menjawab pada Teka-teki silang(Crossword Puzzle) , c) memasuki kegiatan penutupan pendidik akan memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya, memberikan soal kepada peserta didik, lalu diakhiri dengan membaca doa bersama. 3) Pada kegiatan Evaluasi yaitu pendidik akan memberikan tes tulis pada kegiatan akhir berupa pilihan ganda dan esay yang ada di buku paket dan non tes dengan mengamati tingkah laku peserta didik kegiatan belajar mengajar dimulai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms okvia widad
Date Deposited: 19 Dec 2024 08:04
Last Modified: 19 Dec 2024 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38162

Actions (login required)

View Item View Item