Ahmad Badrudin, Kholid (2021) Implementasi Metode Bandongan Dalam Pembelajaran Kitab Taisirul Kholaq Fil Ilmil Akhlak Untuk Membina Akhlaq Santri Di Pondok Pesantren Nahdlatul Arifin Kedungkaji Ambulu Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Ahmad Badrudin Kholid_T20151159.pdf Download (5MB) |
Abstract
Ahmad Badrudin Kholid, 2019 : Implementasi Metode Bandongan Dalam Pembelajaran Kitab Taisirul Kholaq Fil Ilmil Akhlak Untuk Membina Akhlaq Santri Di Pondok Pesantren Nahdlatul Arifin Kedungkaji Ambulu Jember Metode bandongan merupakan salah satu metode pengajaran kitab Taisirul Kholaq Fil Ilmil Akhlak di pondok pesantren, yaitu seorang ustadz membacakan kitab lalu menerjemahkan dan menjelaskannya, sedangkan santri memaknai isi kitab yang di bacakan kyai pada kitab mereka masing-masing. Ada beberapa hambatan yang di hadapi dalam pembelajaran kitab Taisirul Khollaq bahwa santri kurang semangat mengikuti pembelajaran di sebabkan padatnya jadwal mengaji sehingga pada waktu pembelajaran berlangsung santri memilih tidur dari pada mendengarkan penjelasan dari ustadz, santri yang membawa kitab Taisirul Khollaq tetapi tidak membawa pensil, mereka memilih bergantian pensil. Ilmu tentang akhlak salah satunya berasal dari kitab taisirul kholllaq. Dalam hal ini peneliti mengangkat Implementasi Metode Bandongan Dalam Pembelajaran Kitab Taisirul Kholaq Fil Ilmil Akhlak Untuk Membina Akhlaq Santri di Pondok Pesantren Nahdlatul Arifin Kedungkaji Ambulu Jember . Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan Implementasi Metode Bandongan Dalam Pembelajaran Kitab Taisirul Kholaq Fil Ilmil Akhlak Untuk Membina Akhlaq Santri di Pondok Pesantren Nahdlatul Arifin Kedungkaji Ambulu Jember, (2) Untuk mendeskripsikan Hambatan Implementasi Metode Bandongan Dalam Pembelajaran Kitab Taisirul Kholaq Fil Ilmil Akhlak Untuk Membina Akhlaq Santri di Pondok Pesantren Nahdlatul Arifin Kedungkaji Ambulu Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisis kualitatif model interaktif yang meliputi : Kondensasi data, penyajian data, kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa (1) Implementasi Metode Bandongan Dalam Pembelajaran Kitab Taisirul Kholaq Fil Ilmil Akhlak Untuk Membina Akhlaq Santri ini di lakukan dengan sistem bandongan yang mana setelah ustadz membacakan dan menjelaskan isi kitab Taisirul Khollaq, selanjutnya santri diminta maju untuk mempresentasikan apa yang telah santri catat dan pahami dalam kitab tersebut. Sehingga dalam pembelajaran ini diharapkan santri tidak pasif, dan santri dapat mengembangkan dan mengemukakan pendapatnya, yang pada intinya santri diminta untuk aktif mengikuti kegiatan mengaji dalam setiap pembelajaran (2) Hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran kitab Taisirul Khollaq adalah kurangnya kedisiplinan santri yang di pengaruhi beberapa santri yang tidak membawa kitab Taisirul Khollaq dengan alasan belum membeli kitab, lalu terlihat santri yang beberapa terlambat mengikuti pembelajaran kitab Taisirul Khollaq, hal tersebut menyebabkan santri ketinggalan materi pembelajaran dan kurangnya semangat santri dalam mengikuti proses pembelajaran yakni ada santri yang sering ngobrol dengan santri lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 03:07 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 03:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3817 |
Actions (login required)
View Item |