Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain) Melalui Eksperimen Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VII Pada Materi Zat dan Perubahannya Di MTs Negeri 1 Jember

Hasanah, Safiratul (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain) Melalui Eksperimen Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VII Pada Materi Zat dan Perubahannya Di MTs Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SAFIRATUL HASANAH_211101100028.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata kunci : POE (Predict, Observe, and Explain), Eksperimen, Pemahaman Konsep Siswa

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil kognitif siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Jember, yang berdasarkan hasil ulangan siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA dalam memahami konsep masih belum maksimal. Hasilnya kurang lebih 40% siswa yang belum tuntas KKM. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat kepada pendidik tanpa melibatkan peran aktif siswa dalam pembelajaran dan seringkali menggunakan pembelajaran konvensional yang mengakibatkan siswa sulit memahami suatu konsep materi pelajaran. Salah satu alternatif yang diharapkan menjadi solusi yaitu dengan menggunakan model pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain) yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa khususnya pada materi IPA.

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain) melalui eksperimen pada materi Zat dan Perubahannya di MTsN 1 Jember, 2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain) melalui eksperimen berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA siswa kelas VII pada materi zat dan perubahannya di MTsN 1 Jember.

Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment dengan desaign Nonequivalent control group. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling yaitu kelas VII-G sebagai kelas kontrol dan kelas VII-H sebagai kelas eksperimen, masing-masing kelas berjumalah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalaha uji Independent Sample T-test.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain) dilakukan melalui tiga tahapan: Pertama, siswa diminta membuat prediksi berdasarkan pengetahuan awal tentang suatu fenomena. Kedua, siswa melakukan observasi melalui kegiatan eksperimen untuk menguji prediksi tersebut. Ketiga, siswa menjelaskan hasil observasi dan membandingkannya dengan prediksi awal. (2) Adanya pengaruh penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain) melalui eksperimen terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA siswa kelas VII pada materi zat dan perubahannya di MTs Negeri 1 Jember. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Independent sample T-test untuk posttest diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: SAFIRATUL HASANAH
Date Deposited: 19 Dec 2024 08:07
Last Modified: 19 Dec 2024 08:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38185

Actions (login required)

View Item View Item