Putri, Ismi Jestika (2024) Pengembangan Booklet Bernuansa Budaya Pandalungan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX MTs Unggulan Al Qodiri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
skripsi_jess.fix.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan booklet bernuansa budaya
Pandalungan sebagai media pembelajaran matematika pada materi transformasi
geometri untuk siswa kelas IX di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember. Penelitian
ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D)
dengan model 4-D yang mencakup tahap define (pendefinisian), design
(perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran).
Tahap pengembangan dimulai dengan analisis kebutuhan, yang menunjukkan
bahwa siswa memiliki minat rendah terhadap matematika karena sifatnya yang
abstrak.
Dalam proses pembelajaran, ditemukan bahwa materi transformasi
geometri sulit dipahami siswa karena kurangnya media pembelajaran yang
menarik dan relevan. Oleh karena itu, booklet dirancang untuk mengintegrasikan
elemen budaya Pandalungan, seperti pola batik, tari tradisional, dan arsitektur
rumah adat, sebagai konteks untuk menjelaskan konsep translasi, rotasi, refleksi,
dan dilatasi. Hasil validasi oleh ahli menunjukkan bahwa booklet ini valid dengan
skor rata-rata 4,5 dari skala 5. Total skor yang diperoleh dari validasi ahli materi
adalah 38 dengan rata-rata 3,45 dan presetase skor mencapai 86,36%. Total skor
yang diperoleh dari validasi ahli media adalah 60 dengan rata-rata 3 dan
presentase skor mencapai 75%. Uji coba kepraktisan menghasilkan respon positif
dari siswa dan guru, berdasarkan angket respon guru diperoleh skor 46 dengan
rata-rata 3,28 dan persentase skor sebesar 82,14%. Berdasarkan angket respon
siswa dieperoleh skor total 663 dengan skor tertinggi 38 dan skor terendah 28, dan
presetase skor mencapai 75,34%, menunjukkan bahwa booklet mudah digunakan
dan menarik. Efektivitas booklet diukur melalui uji n-gain pre-test dan post-test
disposisi matematis, yang menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman
siswa tentang materi transformasi geometri.
Kesimpulannya, booklet bernuansa budaya Pandalungan ini valid, praktis,
dan efektif sebagai media pembelajaran. Produk ini tidak hanya meningkatkan
hasil belajar siswa tetapi juga memperkuat pemahaman mereka terhadap budaya
lokal yaitu budaya pandalungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | ISMI JESTIKA PUTRI |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 01:43 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 01:43 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38187 |
Actions (login required)
View Item |