MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM MENGEMBANGKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH NURUL QUR'AN PATOKAN KRAKSAAN PROBOLINGGO

RIFA'I, MUHAMMAD (2024) MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM MENGEMBANGKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH NURUL QUR'AN PATOKAN KRAKSAAN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
MUHAMMAD RIFA’I_202101030097.pdf

Download (24MB)

Abstract

Madrasah Aliyah Nurul Qur’an Patokan Kraksaan Probolinggo adalah
lembaga swasta namun bisa menciptakan kompetensi lulusan yang baik sehinga
banyak siswa lulusan Madrasah Aliyah Nurul Qur’an Patokan Kraksaan
Probolinggo yang di terima di Perguruan Tinggi Negeri. Standar Kompetensi
Lulusan adalah kriteria atau ukuran yang digunakan untuk menilai kemampuan
dan pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang lulusan setelah menyelesaikan
program pendidikan tertentu. Standar ini dirancang untuk memastikan bahwa
lulusan memiliki keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang sesuai dengan
kebutuhan dunia kerja, masyarakat, dan perkembangan ilmu pengetahuan serta
teknologi.
Fokus masalah pada penelitian ini ialah 1. Bagaimana Perencanaan Mutu
Terpadu Dalam mengembangkan mutu lulusan di madrasah aliyah nurul qur’an
patokan kraksaan probolinggo? 2. Bagaimana Penerapan Mutu Terpadu Dalam
mengembangkan mutu Lulusan Di Madrasah Aliyah Nurul Qur’an Patokan
Kraksaan Probolinggo? 3. Bagaimana evaluasi hasil penerapan Mutu Terpadu
Dalam mengembangkan mutu Lulusan Di Madrasah Aliyah Nurul Qur’an
Patokan Kraksaan Probolinggo?.
Penelitian ini didesain dalam bentuk metode penelitian studi kasus,
dengan lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Nurul Qur’an Patokan Kraksaan
probolinggo, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah
model Miles and Huberman yang meliputi kondensassi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan
tringgulasi teknik.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan berupa 1). Perencanaan Mutu
Terpadu Dalam Mengembangkan Mutu Lulusan yaitu dengan mengembangkan
kurikulum yang efektif, dan meningkatkan program pengajaran dan pembelajaran,
serta mengembangkan sumber daya manusia. 2). Pelaksanaan Mutu Terpadu
Dalam Mengembangkan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Nurul Qur’an sudah
sesuai dengan perencanaan yang yang sudah disusun, Kepala sekolah juga
melakukan pengawasan terhadap guru dalam proses pembelajaran dengan
melakukan pengontrolan setiap kelas. Juga melaksanakan kegiatan workshop atau
seminar yang di lakukan setiap enam bulan sekali guna mengembangkan SDM.
3). Evaluasi Mutu Terpadu Dalam Mengembangkan Mutu Lulusan, evaluasi hasil
pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan supervisi dan monitoring oleh kepala
madrasah, rapat evaluasi dilakukan oleh kepala sekolah yang didampingi oleh
waka kurikulum dan semua pendidik serta tenaga kependidikan setiap satu bulan
sekali, triwulan, semesteran, dan tahunan yang bertujuan untuk memperbaiki
kekurangan dari waktu ke waktu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: mr Muhammad Rifa'i
Date Deposited: 19 Dec 2024 08:18
Last Modified: 19 Dec 2024 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38194

Actions (login required)

View Item View Item