PEMBENTUKAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI MTs ANNURIYAH JEMBER

Munawaroh, Siti Kholivatul (2024) PEMBENTUKAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI MTs ANNURIYAH JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
baru revisi skrisi ifa watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Kecerdasan Spiitual, Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan

Kecerdasan spiritual merupakan kemampuan yang dimiliki oleh manusia yang berhubungan dengan aspek-aspek spiritual seperti kecerdasan beragama dan menjalankan ajaran agama. Merupakan satu hal yang penting untuk membentuk kecerdasan spiritual sejak dini, karena akan membentuk anak menjadi pribadi yang beretika, mampu mengatasi persoalan hidup, dan memiliki kedamaian batin. Dalam membentuk kecerdasan spiritual siswi bisa dilakukan dengan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan artinya yaitu melibatkan siswi dalam kegiatan-kegiatan kegamaan.
Fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembentukan kecerdasan spiritual melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTs Annriyyah Jember?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembentukan kecerdasan spiritual melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTs Annuriyyah Jember?, 3) Bagaimana evaluasi pembentukan kecerdasan spiritual melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTs Annuriyyah Jember?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Serta teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data berupa kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, keabsahan data memakai triangulasi sumber, triangulasi teknik dam member chek. Tahap penelitiannya meliputi tahap pra penelitian, tahap pelaksanaan lapangan, tahap analisis data.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan pembentukan kecerdasan spiritual melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yaitu dengan melaksanakan rapat tahunan di awal semester. Pada tahap perencanaan membahas terkait analisis kebutuhan siswi sesuai dengan potensi, minat dan bakat, program kegiatan yang akan dilakukan, waktu kegiatan, sarana dan prasarana dan guru yang menjadi koordinator di setiap kegiatan. (2) Pelaksanaan dalam pembentukan kecerdasan spiritual melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Dan dalam pelaksanakan kegiatan tersebut terdapat dua jenis yaitu program kegiatan terprogram dan tidak terprogram yang mana terdapat program harian, bulanan, dan tahunan. (3) evaluasi pembentukan kecerdasasn spiritual melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yaitu dengan menilai dari ranah sikap. Penilaian sikap dengan melihat perubahan tingkah laku siswi setiap harinya dan akan dimasukkan ke dalam rapor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SITI KHOLIVATUL MUNAWAROH
Date Deposited: 19 Dec 2024 07:54
Last Modified: 19 Dec 2024 07:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38199

Actions (login required)

View Item View Item