PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA MADRASAH MELALUI PROGRAM KELAS BAHASA DI MADRASAH TSANAWIYAH BUSTANUL ULUM PANTI JEMBER

Hanis, Maulidia Rofiqoh (2024) PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA MADRASAH MELALUI PROGRAM KELAS BAHASA DI MADRASAH TSANAWIYAH BUSTANUL ULUM PANTI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maulidia Rofiqoh Hanis, 2024. Peran Humas dalam Meningkatkan Citra Madrasah melalui Program Kelas Bahasa di Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Panti Jember
Kata kunci: Peran humas, Citra madrasah, Kelas bahasa
Peran humas di MTs. Bustanul Ulum Panti Jember berfokus pada membangun hubungan baik dengan masyarakat untuk meningkatkan citra madrasah. Humas berperan sebagai penyampai informasi dan penyalur aspirasi masyarakat, didukung oleh kontribusi ikatan alumni sebagai communicator dan pembentuk citra positif. Salah satu upaya utama adalah melalui program unggulan kelas bahasa, yang menjadi sarana strategis dalam memperkuat citra madrasah.
Penelitian ini bertujuan mengkaji peran humas sebagai communicator dan sebagai good image marker dalam meningkatkan citra madrasah melalui program kelas
bahasa.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran humas sebagai Communicator dalam meningkatkan citra madrasah melalui kelas bahasa di MTs. Bustanul Ulum Panti Jember?, 2) Bagaimana peran humas sebagai good image marker dalam meningkatkan citra madrasah melalui program kelas bahasa di MTs. Bustanul Ulum Panti Jember?. Tujuan penelitian iniadalah: 1) Untuk
mendeskripsikan peran humas sebagai communicator dalam meningkatkan citra madrasah melalui program kelas bahasa di MTs. Bustanul Ulum Panti Jember, 2)
Untuk mendeskripsikan peran humas sebagai good image marker dalam meningkatkan citra madrasah melalui program kelas bahasa di MTs. Bustanul
Ulum Panti Jember.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ini adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapaun teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan atau verifikasi. Lokasi penelitian berada di MTs. Bustanul Ulum Panti Jember dengan narasumber yaitu Kepala Sekolah, Waka Humas, Guru Pendidik,
siswa kelas bahasa dan Wali Murid.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran humas di MTs. Bustanul Ulum Panti Jember dalam meningkatkan citra madrasah melalui kelas bahasa mencakup
peran sebagai communicator yang menghubungkan pihak internal dan eksternal, menyampaikan informasi secara informatif dan persuasif, serta sebagai good
image marker melalui promosi dan kerjasama dengan pihak eksternal, termasuk alumni. Namun, terdapat faktor penghambat yang mengurangi efektivitas peran
humas meskipun didukung berbagai kegiatan dan faktor pendukung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maulidia Rofiqoh Hanis
Date Deposited: 19 Dec 2024 08:50
Last Modified: 19 Dec 2024 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38217

Actions (login required)

View Item View Item