MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM KITAB KUNING DI MA’HAD ALY NURUL QARNAIN SUKOWONO JEMBER

Choerul, Fajar (2024) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM KITAB KUNING DI MA’HAD ALY NURUL QARNAIN SUKOWONO JEMBER. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
CHOERUL FAJAR.pdf

Download (6MB)

Abstract

Fajar, Choerul, 2024, Manajemen Kepemimpinan Mudir Ma’had Aly Nurul Qarnain Sukowono Jember Dalam Mengembangkan Kurikulum Kitab Kuning. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Ach. Faridul Ilmi, M.Ag. Pembimbing II: H. Moch. Imam Machfudi, S.S., M.Pd. Ph.D.

Kata Kunci: Manajemen Kepemimpinan, Kurikulum Kitab Kuning

Ma’had Aly Nurul Qarinain merupakan salah satu ma’had aly yang berhasil dalam mengelola kurikulum, hal ini dibuktikan dengan adanya lulusan ma’had aly yang mendapat program beasiswa di dalam maupun luar negeri. Ma’had Aly didesain untuk membentuk, menguatkan, ataupun memperbaiki secara terus menerus karakter, cinta ilmu, termasuk tafaqquh fiddin. Ma’had Aly Nurul Qarnain Jember merupakan salah satu di antara Ma’had Aly yang cukup berhasil dalam manajemen kepemimpinan dalam mengembangkan kurikulum untuk meningkatkan ketiga aspek di atas.
Tujuan Penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan Perencanaan Pengembangan Kurikulum Kitab Kuning di Ma’had Aly Nurul Qarnain Jember. 2) Menganalisis Pelaksanaan Pengembangan Kurikulum Kitab Kuning di Ma’had Aly Nurul Qarnain Jember. 3) Menganalisis Evaluasi Pengembangan Kurikulum Kitab Kuning di Ma’had Aly Nurul Qarnain Jember.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan design Study kasus, keunikan design tersebut sebab peneliti berinteraksi dan terjun langsung ke lapangan untuk menganalisa kasus yang terjadi sehingga dapat mengetahui seutuhnya terkait dengan fokus penelitian, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data berupa informasi yang diperoleh dari partisipan, kegiatan di Ma’had Aly dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, pemaparan data, penarikan dan verifikasi kesimpulan, uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan member checking.
Penelitian ini menemukan bahwa (1) Kurikulum Ma’had Aly Nurul Qarnain disusun, dikembangkan dan disesuaikan dengan visi, misi instansi berlandaskan beberapa landasan dengan tujuan memadukan pembelajaran antara tradisi akademik pendidikan tinggi dan pesantren sehingga dapat mencetak pakar fikih (faqih) yang mampu mengintegrasikan khazanah pesantren sebagai ciri khas Islam nusantara. (2) Pelaksanaan Pengembangan Kurikulum Kitab Kuning di Ma’had Aly Nurul Qarnain Jember menggabungkan antara kurikulum perguruan tinggi dan kurikulum pesantren yang terbagi menjadi lima kategori; materi dasar (al-mawad al-asasiyah), materi pokok (al-mawad al-ushuliyah), materi pendukung (al-mawad al-musa’idah), materi praktikum dan materi kuliah mandiri yang disusun dan diorganisasikan melalui pendekatan; a) sekuens kausalitas, b) sekuens hierarki, dan c) sekuens struktural, (3) Evaluasi Pengembangan Kurikulum Kitab Kuning di Ma’had Aly Nurul Qarnain Jember mengacu terhadap evaluasi model Brinkerhoff yang dilakukan saat pelaksanaan program melalui mengawasan dan disetiap akhir ajaran melalui penilaian sumatif secara tertutup.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: choerul fajar
Date Deposited: 19 Dec 2024 08:53
Last Modified: 19 Dec 2024 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38219

Actions (login required)

View Item View Item