INDANA AZZA FARADIS, - (2021) “Metode Menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Khoiru Ummah Kalibaru Banyuwangi”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
INDANA AZZA FARADIS_T20171015.pdf Download (1MB) |
Abstract
Indana Azza Faradis, 2021: “Metode Menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Khoiru Ummah Kalibaru Banyuwangi” Menghafal Al-Qur’an itu sangat penting karena banyak keutamaan yang telah Allah SWT janjikan bagi para penghafal Al-Qur’an yaitu berupa pahala, dinaikkan derajatnya dan diberikan kemenangan di dunia dan akhirat. Hafalan AlQur’an perlu untuk di evaluasi kembali, karena dapat berpotensi lupa dan membuat siswa mengulang hafalannya dari awal. Dalam menghafal Al-Qur’an perlu menggunakan metode menghafal yang baik dan efektif untuk diterapkan hingga jangka panjang. Fokus penelitian ini adalah: (1) bagaimana metode menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Khoiru Ummah Kalibaru Banyuwangi? (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat metode menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Khoiru Ummah Kalibaru Banyuwangi? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan metode menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Khoiru Ummah Kalibaru Banyuwangi (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat metode menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Khoiru Ummah Kalibaru Banyuwangi. Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis kualitatif model Miles, Huberman, dan Saldana yang dilakukan secara interaktif dengan alur kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) metode menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Khoiru Ummah Kalibaru Banyuwangi terdiri dari empat metode menhafal yaitu metode tahfidz, metode tikrar, metode tasmi’, dan metode murojaah. (2) Faktor pendukung dan penghambat metode menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Khoiru Ummah Kalibaru Banyuwangi yaitu faktor pendukung yang terdiri dari kedisiplinan yang diajarkan oleh guru, orang tua yang peduli terhadap hafalan anak, dorongan atau suport teman, dan motivasi dari diri sendiri. Faktor penghambat metode menghafal terdiri dari orang tua yang tidak peduli terhadap hafalan anak, suasana hati guru yang terkadang tidak baik, dan kesulitan menghafal ketika terdapat ayat-ayat yang mirip. Metode menghafal dan faktorfaktor pendukung penghambat dapat dilihat keberhasilannya dari buku mutabaah atau buku evaluasi santri setiap hari baik di rumah maupun di Rumah Tahfidz, dan ari pengetesan atau evaluasi hafalan santri dengan cara tes hafalan satu juz dalam sekali duduk. Kata kunci: Metode Menghafal Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 03:09 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 03:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3823 |
Actions (login required)
View Item |