Rohman, Azka Arif (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 5 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
AZKA ARIF ROHMAN _204101010053.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penggunaan model pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat penting dalam keberlangsungan kegiatam pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran Project Based Learning ini merupakan salah satu model pembelajaran berbasis proyek yang efekteif , efisien, serta menyenangkan.penggunaan media Canva dalam kegiatan pembelajaran ini sangat membantu dalam pembuatan sebuah proyek serta menciptakan pengalaman belajar baru bagi siswa.
Fokus dari penelitian ini adalah 1) Bangaimana perencanaan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Canva pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas x di SMA Negeri 5 Jember? 2) bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Canva pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas x di SMA Negeri 5 Jember? 3) bagaimana evaluasi model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Canva pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa kelas x di SMA Negeri 5 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Canva pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas x di SMA Negeri 5 Jember. 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Canva pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas x di SMA Negeri 5 Jember. 3) untuk mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Canva pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas x di SMA Negeri 5 Jember.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan subjek penelitian. Dengan teknik pengunpulan data menggunakan 1) observasi 2) wawancara 3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model miles and huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik, trianggulasi sumber, serta member check.
Hasil dari penelitian ini menjukan bahwa : 1) pada tahap perencanaan mempersiapkan perangkat pembelajaran antara lain atp,Cp,Prota,Prosem, Modul Ajar. 2) pada tahap pelaksanaan ini telah sesuai dengan sintaks Project Based Learning antara lain pemberian pertanyaan pemantik, mendesain kegiaytan pembelajaran, moniting, mempresentasikan hasil proyek, serta evaluasi. 3) pada kegiatan evaluasi menggunakan penilaian proyek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Skripsi Azka Arif Rohman |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 02:55 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 02:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38242 |
Actions (login required)
View Item |