Pelaksanaan pembelajaran gerakan sekolah mengaji dalam menanamkan budaya literasi Al-Qur'an siswa sekolah menengah pertama 1 Jatiroto Lumajang

Farabi, Achmad Maulana (2024) Pelaksanaan pembelajaran gerakan sekolah mengaji dalam menanamkan budaya literasi Al-Qur'an siswa sekolah menengah pertama 1 Jatiroto Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ACHMAD MAULANA FARABI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan zaman memberikan dampak yang signifikan terhadap
siswa, terutama dalam kemampuan membaca Al-Qur‟an. Siswa mulai enggan
untuk membaca, menulis, menghafal, sekaligus mengamalkan Al-Qur‟an dengan
baik dan benar. SMP Negeri 1 Jatiroto menerapkan gerakan sekolah mengaji
untuk menumbuhkan serta mengembangkan minat dan kemampuan siswa dalam
membaca Al-Qur‟an.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran
gerakan sekolah mengaji dalam menanamkan budaya literasi Al-Qur‟an siswa di
SMP Negeri 1 Jatiroto Lumajang Tahun Ajaran 2023-2024?; 2) Bagaimana hasil
pelaksanaan pembelajaran gerakan sekolah mengaji dalam menanamkan budaya
literasi Al-Qur‟an siswa di SMP Negeri 1 Jatiroto Lumajang Tahun Ajaran 2023-
2024?.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan
pelaksanaan pembelajaran gerakan sekolah mengaji dalam menanamkan budaya
literasi Al-Qur‟an siswa di SMP Negeri 1 Jatiroto Lumajang Tahun Ajaran 2023-
2024. 2) Untuk mendekskripsikan hasil pelaksanaan pembelajaran gerakan
sekolah mengaji dalam menanamkan budaya literasi Al-Qur‟an siswa di SMP
Negeri 1 Jatiroto Lumajang Tahun Ajaran 2023-2024.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
deskriptif, lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Jatiroto, dengan subjek penelitian
yakni kepala sekolah, waka kurikulum, ketua pelaksana gerakan sekolah mengaji,
pengajar gerakan sekolah mengaji, beberapa siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pada bagian
analisis data memaparkan dalam bentuk kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Dan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan pembelajaran memiliki
tahapan-tahapan dalam pelaksanaan pembelajaran gerakan sekolah mengaji yang
diantaranya (a) prapembelajaran, (b) kegiatan inti, dan (c) kegiatan akhir; 2)
Terdapat dua hasil dari pelaksanaan pembelajaran gerakan sekolah mengaji yaitu
adanya program JUMPA NGABAR (Jum‟at Pagi Ngaji Bareng), dan
menghasilkan siswa dan siswi penghafal Al-Qur‟an.
Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Gerakan Sekolah mengaji, Budaya
Literasi Al-Qur'an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Achmad Maulana Farabi
Date Deposited: 24 Dec 2024 08:17
Last Modified: 24 Dec 2024 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38249

Actions (login required)

View Item View Item