Pelaksanaan Evaluasi Pembelajan Ilmu Pengetahuan Sosial pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 di Sekolah Menengah Pertama Negeri III Sumberjambe.

MOH RUSLAN, - (2021) Pelaksanaan Evaluasi Pembelajan Ilmu Pengetahuan Sosial pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 di Sekolah Menengah Pertama Negeri III Sumberjambe. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
MOH RUSLAN_T20169012.pdf

Download (9MB)

Abstract

Moh Ruslan, 2021: Pelaksanaan Evaluasi Pembelajan Ilmu Pengetahuan Sosial pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 di Sekolah Menengah Pertama Negeri III Sumberjambe. Kata Kunci: Evaluasi, IPS, Pandemi. Proses pembelajaran secara daring sudah tentu menjadi tantangan yang sangat baru di tengah pandemi Covid-19. Dimana salah satu lembaga sekolah menengah pertama yang ada di kecamatan sumberjambe mengalami kualahan dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di masa pandemi Covid-19, sehingga hasil dari evaluasi pembelajaran di masa pandemi Covid-19 kurang maksimal. Maka dari itu diperlukan strategi yang tepat bagi seorang pedidik (guru) melakuan evaluasi pembelajaran untuk mewujudkan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang efektif dan sesusai dengan tujuan dasar dari pendidikan. Fokus penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang digunakan di masa Pandemi Covid-19 di SMPN III Sumberjambe? 2) Bagaimana hasil evaluasi pembelajaran yang digunakan pada saat Pandemi Covid-19 di SMPN IIII Sumberjambe?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang digunakan di masa Pandemi Covid-19 di SMPN III Sumberjambe. 2) Untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran yang digunakan pada saat Pandemi Covid-19 di SMPN III Sumberjambe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMPN III Sumberjambe, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi non participant, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) situasi pandemi sangat memiliki dampak yang begitu luas, salah satunya yang terkena dampaknya adalah dunia pendidikan. Dengan situasi yang demikian, lembaga pendidikan harus mengupayakan suatu tindakan agar keberlangsungan proses belajar mengajar tetap bisa dilakukan. SMPN III Sumberjambe termasuk lembaga pendidikan yang melakukan upaya tersebut. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada masa pandemi Covid-19 di sekolah SMPN III Sumberjambe dilalukan melalui beberapa alternatif, yaitu, menggunakan dearing dengan Via Whatsap. Dan menggunakan pembelajaran luring dengan metode guling yang hasil akhirnya kurang memuaskan dan di bawah KKM. 2) Kedua, hasil evaluasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada masa pandemi Covid-19 di SMPN III Sumberjambe menunjukkan hasil yang kurang maksimal dalam capaian hasil akhir evaluasi pembelajarannya kurang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:10
Last Modified: 21 Apr 2022 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3825

Actions (login required)

View Item View Item