Perbaikan Akhlak Guru dalam Kegiatan Halaqoh di Sekolah Dasar (SD) Luqman Al Hakim Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun 2020.

Desi Nur, Indah Malika (2020) Perbaikan Akhlak Guru dalam Kegiatan Halaqoh di Sekolah Dasar (SD) Luqman Al Hakim Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun 2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Desi Nur Indah Malika_084 141 112.pdf

Download (5MB)

Abstract

Desi Nur Indah Malika, 2020: Perbaikan Akhlak Guru dalam Kegiatan Halaqoh di Sekolah Dasar (SD) Luqman Al Hakim Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun 2020. Halaqoh merupakan sebuah pengajaran agama Islam yang memiliki sejarah dan telah terbukti memiliki kontribusi yang besar dalam meningkatkan pendidikan sejak zaman Rasulullah. Dalam dunia pendidikan, kegiatan halaqoh adalah salah satu kegiatan yang cukup efektif untuk memperbaiki akhlak guru. Akhlak guru adalah hal yang harus diperbaiki jika ingin visi misi lembaga tercapai dengan maksimal. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah pelaksanaan perbaikan akhlak guru melalui kegiatan halaqoh di SD Luqman Al Hakim Sumbersari Jember Tahun 2020? 2) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan perbaikan akhlak guru melalui kegiatan halaqoh di SD Luqman Al Hakim Sumbersari Jember Tahun 2020?. Tujuan dari penelitian adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan perbaikan akhlak guru melalui kegiatan halaqoh di SD Luqman Al Hakim Sumbersari Jember. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan perbaikan akhlak guru melalui kegiatan halaqoh di SD Luqman Al Hakim Sumbersari Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif deskriptif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan perbaikan akhlak guru melalui metode halaqoh merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh semua guru dan karyawan di SD Luqman Al Hakim Jember. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyatukan visi misi dalam mewujudkan peradaban islam dan merupakan salah satu upaya memperbaiki akhlak guru di SD Luqman Al Hakim Jember yang memiliki latar belakang harokah yang berbeda. Kegiatan halaqoh ini sangat berpengaruh untuk guru – guru di SD Luqman Al Hakim Jember karena dapat memperbaiki akhlak guru yaitu akhlak kepada Allah dengan menambah ketaqwaan dan juga akhlak yang seharusnya dimiliki seorang guru yaitu dengan berakhlakul karimah khususnya mencintai pekerjaannya sebagai guru, sabar dan menutup aurat dengan benar. 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan perbaikan guru melalui kegiatan halaqoh ini ada faktor internal dan ada juga faktor eksternal. Faktor pendukung internal adalah kesadaran diri seorang guru akan kebutuhan ilmu sebagai bekal untuk mendidik murid – muridnya. Faktor pendukung eksternal adalah lembaga sangat mendukung kegiatan halaqoh ini . Sedangkan faktor penghambat internal adalah guru – guru di SD Luqman Al Hakim berasal dari dari harokah (kelompok) yang berbeda – beda yang memiliki pemahamannya masing – masing sehingga merasa pemahamannya yang paling benar dan juga kedisiplinan waktu kehadiran yang masih kurang pada masing – masing guru. Faktor penghambat eksternal nya adalah jumlah murobbi (guru) yang kurang memadai sehingga kelompok halaqoh menjadi kelompok besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:12
Last Modified: 21 Apr 2022 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3826

Actions (login required)

View Item View Item