Pengaruh Metode Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di MA AlIshlah Jenggawah-Jember Tahun Ajaran 2020/2021.

Citra Putri Rifananda, - (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di MA AlIshlah Jenggawah-Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Citra Putri Rifananda_T20161016.pdf

Download (12MB)

Abstract

Citra Putri Rifananda, 2020: Pengaruh Metode Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di MA AlIshlah Jenggawah-Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Metode pembelajaran card sort merupakan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru atau pendidik dengan menggunakan kartu atau sortir kartu dengan mencari pasangan yang memiliki kategori yang sama untuk didiskusikan dan dipresentasikan hasilnya, sehingga siswa lebih aktif dan interaktif dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran card sort dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di Madrasah Aliyah AlIshlah Jenggawah-Jember tahun ajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah: Untuk menjelaskan perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran card sort dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di Madrasah Aliyah Al-Ishlah Jenggawah-Jember tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain non-equivalent group pretest posttest design dan jenis penelitian quasi experiment. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel kelas X PA sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan X PI sebanyak 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan posttest, sedangkan non tes berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji MannWhitney U test karena data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata hasil belajar pretest siswa kelas eksperimen 51,07 dan kelas kontrol 51,71 dengan nilai Asymp.sig (2 tailed) sebesar 0,960 > 0,05 maka tidak ada perbedaan hasil belajar pretest siwa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan rerata hasil belajar posttest siswa kelas eksperimen 81,43 dan kelas kontrol 72,86 dengan nilai Asymp.sig (2 tailed) sebesar 0,003 < 0,05 maka ada perbedaan hasil belajar posttest siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, ada pengaruh metode pembelajaran card sort terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di Madrasah Aliyah Al-Ishlah Jenggawah-Jember tahun ajaran 2020/2021. Kata Kunci : Model pembelajaran, Card Sort, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:14
Last Modified: 21 Apr 2022 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3827

Actions (login required)

View Item View Item