Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Materi Cahaya Dan Alat Optik Kelas VIII SMP/MTs.

Desi Wulandari, - (2021) Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Materi Cahaya Dan Alat Optik Kelas VIII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Desi Wulandari_ T201710069.pdf

Download (5MB)

Abstract

Desi Wulandari, 2021: Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Materi Cahaya Dan Alat Optik Kelas VIII SMP/MTs. Kata kunci: android, game, cahaya dan alat optik. Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 3 Bondowoso telah memperoleh laporan permasalahan sebagai berikut: (1) selama pembelajaran daring mayoritas siswa menggunakan android untuk bermain game, (2) 25% siswa terlambat mengumpulkan tugas akibat waktu belajar yang terbuang karena bermain game, (3) siswa mengharapkan pembelajaran yang disajikan dengan menarik dan menyenangkan agar lebih termotivasi dalam belajar. Oleh karena itu, tema penelitian yang diangkat berdasarkan permasalahan tersebut adalah pengembangan media pembelajaran game edukasi berbasis android. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan validitas dan respons siswa terhadap game edukasi berbasis android materi Cahaya dan Alat Optik kelas VIII SMP/MTs. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Research and Development (R&D) dengan model analysis, design, development, implementation and evaluation (ADDIE). Subjek uji coba dalam penelitian terdiri atas 2 penilai ahli media, 2 penilai ahli materi, 2 guru IPA dan siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Bondowoso jumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen atau lembar penilaian untuk ahli media, materi, guru IPA dan lembar respons siswa. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa validitas game berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan persentase kelayakan 86,67% (sangat valid), penilaian ahli materi mendapatkan persentase kelayakan 91,29% (sangat valid) dan penilaian pengguna (guru IPA) mendapatkan persentase kelayakan 91,79% (sangat valid). Ditinjau dari respons siswa dengan skala kecil (6 siswa) yaitu mendapatkan persentase kelayakan 82,13% (sangat valid) dan respons siswa dengan skala kecil (32 siswa) yaitu mendapatkan persentase kelayakan 81,1% (sangat valid). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pengembangan game edukasi berbasis android materi Cahaya dan Alat Optik kelas VIII SMP/MTs sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:16
Last Modified: 21 Apr 2022 03:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3828

Actions (login required)

View Item View Item