Hikam, Zayyinul (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN KULINER PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025 SKRIPSI. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
PENGARUH METODE MARKET PLACE ACTIVITY acc.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Hal ini dilihat dari tidak adanya dorongan belajar, kegiatan belajar yang tidak menarik, dan tidak adanya penghargaan kepada siswa. Untuk itu, guru diharapkan mampu merancang strategi pembelajaran yang dapat memberikan motivasi kepada siswa guna mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan
Berdasarkan latar belakang masalah yang sudah disebutkan di atas, muncul permasalahan yang menjadi fokus utama penelitian ini yaitu (1) Adakah Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Setelah Dibelajarkan Model Pembelajaran Market Place Activity Pada Kelas X Jurusan Kuliner Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025? (1) Ingin mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Market Place Activity dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa Kelas X Jurusan Kuliner pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan dua variabel dengan populasi dan sampel sebesar 105 responden, yang digunakan melalui teknik sampling total atau sensus. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket dan observasi.
Market Place Activity merupakan salah satu model pembelajaran yang dalam kegiatan pembelajarannya seperti kegiatan pasar, dimana siswa melakukan transaksi jual beli terhadap suatu informasi.
Dari hasil penelitian, model pembelajaran pada pelajaran PAIBP ditemukan perbedaan motivasi belajar antara kelas yang dibelajarkan menggunakan model Market Place Activity dengan kelas yang dibelajarkan model konvensional. Pernyataan ini dibuktikan dengan hasil yang didapat dalam uji independet sample t- test pada post-test kelas eksperimen dan kontrol maka di peroleh hasil nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,001 < 0,05 dengan H0 ditolak dan Ha diterima. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata post-test motivasi belajar siswa PAIBP pada kelas eksperimen dan kontrol setelah diterapkan model pembelajaran Market Place Activity.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Skripsi Zayyinul Hikam |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 07:03 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 07:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38308 |
Actions (login required)
View Item |