PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KESIAPAN MENJADI CALON GURU PROFESIONAL

Masyithoh, Putri Alifah Maulida (2024) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KESIAPAN MENJADI CALON GURU PROFESIONAL. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI ALIFAH - WATERMARK.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Kemampuan Menulis Al-Qur’an, Kesiapan Menjadi Guru Profesional, Kompetensi Profesional, Mahasiswa PAI
Penelitian dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an mahasiswa program studi pendidikan agama islam angkatan 2020 yang beragam. Sedangkan mahasiswa sebagai seorang calon guru professional dituntut untuk menguasai keterampilan membaca dan menulis Al-Qur’an sebagai bekal ketika mengajar peserta didiknya.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1. Adakah pengaruh kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam terhadap kesiapan menjadi calon guru profesional? 2. Adakah pengaruh kemampuan menulis Al-Qur’an mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam terhadap kesiapan menjadi calon guru profesional?
Penelitian ini dilakukan di UIN KHAS Jember dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Jumlah populasi meliputi mahasiswa program studi pendidikan agama islam angkatan 2020 sebanyak 285 mahasiswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 74 sampel dengan teknik pengambilan sampel probability sampling . teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kueisoner. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dengan bantuan SPSS versi 25.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap kesiapan menjadi calon guru profesional. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis pada variabel kemampuan membaca Al-Qur'an, yang menunjukkan nilai thitung 4.424 > 1.993 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05. 2. Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan menulis Al-Qur’an terhadap kesiapan menjadi calon guru profesional. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis variabel kemampuan menulis Al-Qur’an yang diperoleh nilai thitung 3.265 > 1.993 dan Sig. 0.002 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Alifah Maulida Masyithoh
Date Deposited: 20 Dec 2024 08:01
Last Modified: 20 Dec 2024 08:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38311

Actions (login required)

View Item View Item