Hoiri, Qorinul (2024) Penerapan metode halaqah pada pembelajaran Al-Qur'an di madrasah Qur'an Nurul islam Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 2810 PAI 2024)
SKRIPSI QORINUL HOIRI WATERMARK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci : Metode Halaqah, Pembelajaran Al-Qur’an
Penggunaan media sosial dan gawai menjadi salah satu faktor penyebab menurunnya kemampuan siswa dari aspek sosial dan pengetahuan, Pendidikan dan agama memberikan berbagai pembelajaran seputar pengetahuan dunia dan akhirat, Al-Qur’an juga berisikan tentang pengetahuan dunia dan akhirat bahkan semua yang terjadi di dunia ini sudah tertulis di Al-Qur’an, Namun dalam penerapannya banyak dari kalangan siswa yang tidak bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, Madrasah Qur’an Nurul Islam menerapkan metode halaqah untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan metode Halaqah serta didukung dengan metode ceramah serta komunikasi dua arah yang memberikan santri dan guru memungkinkan untuk menjalankan diskusi, Hal ini mampu untuk mengatasi kesenjangan sosial serta mengurangi dampak seperti menurunnya kemmapuan membaca Al-Qur’an santri.
Fokus penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan metode halaqah dalam pembelajaran kitab Al-Qur’an di Madrasah Qur’an Nurul Islam Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Penerapan metode halaqah pada Pembelajaran kitab Al-Qur’an di Madrasah Qur’an Nurul Islam Jember?
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui penerapan metode halaqah dalam pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Qur’an Nurul Islam Jember 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode halaqah dalam pembelajaran kitab Al-Qur’an di Madrasah Qur’an Nurul Islam Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian Deskriptif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan 1). Penerapan metode halaqah di Madrasah Qur’an Nurul Islam Jember, Memberikan pemahaman tentang tajwid Al-Qur’an, Panduan dari kitab Hidayatus Sibyan memberikan penjelasan mengenai tatacara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Pada pelaksanaanya mencakup pendahuluan, inti, dan penutup, serta evaluasi yang sistematis, berkontribusi dalam membentuk Pemahaman terkait materi tajwid serta dapat Meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri. 2). Faktor pendukung dalam pembelajaran adanya Dukungan dari orang tua, Rajin dalam mengikuti Pembelajaran dan memiliki minat belajar. Namun, terdapat hambatan seperti santri bolos dalam pembelajaran,kurangnya semangat dalam pembelajaran dan santri tidak tertib yang perlu diatasi untuk Meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Penerapan Qorinul Hoiri |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:07 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 03:58 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38320 |
Actions (login required)
View Item |