POTENSI PASAR TRADISIONAL DALAM PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pasar Mertasari di Desa Candikuning Tabanan Bali)

Febrianti, Nanda Rizky (2024) POTENSI PASAR TRADISIONAL DALAM PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pasar Mertasari di Desa Candikuning Tabanan Bali). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NANDA RIZKY FEBRIANTI.pdf

Download (16MB)

Abstract

Nanda Rizky Febrianti, 2024: Potensi Pasar Tradisional dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pasar Mertasari di Desa Candikuning Tabanan Bali)
Kata kunci : Potensi, Pasar Tradisional, Ekonomi Masyarakat
Pasar tradisional merupakan pasar yang memiliki peran penting dalam kehidupan untuk memajukan ekonomi di Indonesia. Beberapa orang bergantung pada pasar untuk pekerjaan sehari-hari. Pasar Mertasari Candikuning merupakan pasar tradisional yang sangat menarik perhatian masyarakat kota untuk berkunjung ketempat ini. Bahkan keberadaan pasar Mertasari Candikuning telah menggeser daya tarik pasar sentral dari segi pengunjung.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimana Pasar Tradisional Mertasari Candikuning berpotensi dalam peningkatan ekonomi masyarakat di Desa Candikuning? 2. Bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap perilaku ekonomi para pedagang Pasar Mertasari Candikuning dalam peningkatan ekonomi mereka?
Tinjauan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui potensi pasar tradisional mertasari dalam peningkatan ekonomi masyarakat Desa Candikuning. 2. Untuk mengetahui tinjauan ekonomi islam terhadap perilaku ekonomi para pedagang Pasar Mertasari Kab Tabanan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan pasar tradisional mertasari berpotensi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat candikuning adapun potensinya yaitu, 1.Harga produk yang murah, 2.Produk yang ditawarkan bervariasi, 3.Lokasi dan waktu yang strategis, 4.adanya Lapangan pekerjaan. Ditinjau dari segi ekonomi islam terhadap perilaku pedagang di pasar mertasari yaitu sudah baik dilihat dari sehari-hari kehalalan produknya, kebersihan produk dan sekitar, kepercayaan, menghindari riba dan gharar, dan para pedagang di pasar mertasari memiliki etika yang jujur serta persaingan yang sehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140216 Tourism Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nanda Rizky Febrianti
Date Deposited: 24 Dec 2024 01:54
Last Modified: 24 Dec 2024 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38322

Actions (login required)

View Item View Item