Penerapan metodecard sport dalam pembelajaran tematik dikelas I mi al azhar ajung kabupaten jember tahun ajaran 2018/2019.

IVADATUL, KARIMAH (2021) Penerapan metodecard sport dalam pembelajaran tematik dikelas I mi al azhar ajung kabupaten jember tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Ivadatul Karimah._084158009.pdf

Download (12MB)

Abstract

Ivadatul Karimah. 2019, PENERAPAN METODE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS I MI AL AZHAR AJUNG KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2018/ 2019 Kata Kunci : Metode Card Sort,Pembelajaran Tematik. Berdasarkan kurikulum 2013, proses pembelajaran untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah dan sederajat adalah menggunakan pembelajaran tematik. Dalam menggunakan pembelajaran tematik mata pelajaran tidak lagi terpisah-pisah atau satu-satu, melainkan digabungkan dalam satu tema yang menjadi pembahasan pokok. Salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tematik adalah card sort yang bersifat kerja sama, tolong menolong, bertanggung jawab menyelesaikan proses pembelajaran. dengan menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan maka diharapkan mampu menumbuhkan aktivatas belajar siswa yang aktif dan kreatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah Perencanaan Penerapan Metode Card Sort Dalam Pembelajaran Tematik di Kelas I Mi Al Azhar Ajung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/ 2019? 2) Bagaimanakah pelaksanaan Penerapan Metode Card Sort Dalam Pembelajaran Tematik di Kelas I Mi Al Azhar Ajung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/ 2019? 3) Bagaimanakah evaluasi Penerapan Metode Card Sort Dalam Pembelajaran Tematik di Kelas I Mi Al Azhar Ajung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/ 2019? Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah jenis penelitian fenomenologi. Lokasi penelitiannya adalah MI Al Azhar Ajung Jember di Jl. Raung Gg. Al Azhar Gumuk Kerang Ajung. Adapun pemilihan tahnik sampel menggunakan sampling purposive, sedangkan tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan miles Hubermen dan Saldana, dan keabsahan data menggunakan tehnik trianggulasi sumber dan trianggulasi tehnik . Peneliti memperoleh kesimpulan: 1) perencanaan penerapan medote card sort dalam pembelajaran tematik yaitu: sebelum memulai pelajaran pendidik terlebih dahulu menyiapkan RPP sebagai acuan dalam memberikan pembelajaran. Selain itu pendidik juga menyiapkan media berupa potongan kertas sekaligus memilih kalima yang akan ditulis dalam potongan kertas tersebut. Sekaligus menyiapkan tata ruang kelas yng akan digunakan. 2) Pelaksanaan penerapan medote card sort dalam pembelajaran tematik yaitu: pendidik mengikuti silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dalam penggunaan metode card sort dalam pembelajaran tematik. Pendidik membuat kondisi kelas menjadi kondusif sebelum menggunakan metode card sort. Pendidik terlebih dahulu menerangkan materi pelajaran yang nanti akan menggunakan metode card sort terlebih dahulu. Selain itu pendidik juga memberi serangkaian motivasi kepada siswa agar siswa bisa bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran menggunakan metode card sort. Agar pembelajaran lebih mengena dan tepat sasaran.. 3) evaluasi penerapan medote card sort dalam pembelajaran tematik yaitu: pelaksanaan evaluasi dilakukan oleh semua pihak, sekolah, siswa, dan guru. metode card sort dikatakan efektif karena mampu menumbuhkan aktivitas belajar siswa sehingga menyebabkan hasil belajar yang meningkat . untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan dengan mengadakan tes sebelum dan sesudah penerapan metode card sort. Dan dari hasil tes tersebut bisa dilihat hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:32
Last Modified: 26 Apr 2022 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3834

Actions (login required)

View Item View Item