Peran Guru dalam Menanamkan Sikap Kepedulian Sosial Melalui Kegiatan Jum’at Beramal pada Siswa Kelas B di RA Ulul Albab Mangli Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

NURUL CHOLISAH, - (2020) Peran Guru dalam Menanamkan Sikap Kepedulian Sosial Melalui Kegiatan Jum’at Beramal pada Siswa Kelas B di RA Ulul Albab Mangli Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

[img] Text
Nurul Cholisah_T20165003.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nurul Cholisah, 2020: Peran Guru dalam Menanamkan Sikap Kepedulian Sosial Melalui Kegiatan Jum’at Beramal pada Siswa Kelas B di RA Ulul Albab Mangli Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Peran Guru dan Sikap Kepedulian Sosial Guru sebagai komponen penting dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, oleh karena itu harus mendapat perhatian sentral pertama dan utama. Guru memegang peran utama dalam pembangunan, khususnya yang diselenggarakan secara formal disekolah. Guru mempunyai peran yang strategis dalam upaya mewujudkan tujuan pembangunan nasional, khususnya dibidang pendidikan. Maka dari itu guru harus mampu memerankan perannya dengan baik karena akan mempengaruhi perkembangan dan masa depan anak. Melalui kegiatan jum’at beramal yang rutin dilaksanakan setiap minggu di lembaga RA Ulul Albab Mangli Jember, guru merealisasikan perannya yaitu sebagi pendidik, fasilitator dan model bagi para peserta didik. Untuk mempermudah proses penelitian ini, maka peneliti membuat beberapa fokus penelitian diantaranya: 1) Bagaimana peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan sikap kepedulian melalui kegiatan Jum’at beramal pada siswa kelas B RA Ulul Albab Mangli Jember, 2) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan sikap kepedulian melalui kegiatan Jum’at beramal pada siswa kelas B RA Ulul Albab Mangli Jember, 3) Bagaimana peran guru sebagai pelatih dalam menanamkan sikap kepedulian melalui kegiatan Jum’at beramal pada siswa kelas B RA Ulul Albab Mangli Jember. Tujuan penelitian ini diantaranya: 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis peranan guru sebagai pengajar dalam menanamkan sikap kepedulian sosial melalui kegiatan Jum’at Beramal pada siswa kelas B di RA Ulul Albab Mangli Jember, 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis peranan guru sebagai pembimbing dalam menanamkan sikap kepedulian sosial melalui kegiatan Jum’at Beramal pada siswa kelas B di RA Ulul Albab Mangli Jember, 3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis peranan guru sebagai pelatih dalam menanamkan sikap kepedulian sosial melalui kegiatan Jum’at Beramal pada siswa kelas B di RA Ulul Albab Mangli Jember, Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan mmetode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan, penarikan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Guru menjadi pengajar yang baik bagi anak dengan cara mencontohkan dan menceritakan hal-hal positif yang dapat di contoh oleh peserta didik. 2) Guru sebagai pembimbing yang selalu mengingatkan dan membimbing peserta didik untuk selalu berbuat baik dan bersedekah setiap hari walaupun hanya dengan hal-hal kecil, selalu menstimulasi peserta didik untuk selalu peduli terhadap sesama di lingkungan sekolah maupun diluar sekolah melalui ceritacerita islami. 3) Guru sebagai pelatih selalu mendampingi dan memantau peserta didik dalam proses pembelajaran dan bahkan sampai jam pulang sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:33
Last Modified: 26 Apr 2022 02:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3838

Actions (login required)

View Item View Item