Faidatul, Hasanah (2024) Pelaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Plus Mambaul Ulum Sukowono Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
FAIDATUL HASANAH_T20189060.pdf Download (21MB) |
Abstract
Faidatul Hasanah, 2024: Pelaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata
Pelajaran IPS di SMP Plus Mambaul Ulum Sukowono
Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Pelaksanaan Model Inkuiri Terbimbing, Inkuiri bebas Modifikasi,
dan Pembelajaran IPS
Dalam melaksanakan pembelajaran, guru harus mendesain proses
pembelajaran dengan menciptakan suasana belajar yang interaktif, kreatif, efektif
dan menyenangkan. Karena semua siswa di SMP Plus Mambaul Ulum adalah
santri, yang harus melaksanakan kegiatan pesantren dan sekolah, gur harus
menciptakan suasana belajar yang bisa diterima dengan baik oleh siswa. Maka
dari itu solusi model pembelajaran yang sesuai dan di gunakan guru adalah model
pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas modifikasi.
Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan model
pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran IPS di SMP Plus Mambaul
Ulum Sukowono tahun pelajaran 2024/2025. Dan mendeskripsikan pelaksanaan
model pembelajaran inkuiri bebas modifikasi pada mata pelajaran IPS di SMP
Plus Mambaul Ulum Sukowono tahun pelajaran 2024/2025.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dan jenis
penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model
interaktif Milles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data, menggunakan
triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Plus Mambaul
Ulum Sukowono kelas VIII C pada materi peran lembaga sosial dalam
pelaksanaan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Narasumber dalam
penelitian ini adalah Kepala sekolah, waka kurikulum, guru IPS, dan siswa.
Berdasarkan Hasil penelitian yaitu: 1) Pelaksanaan model pembelajaran
inkuiri terbimbing pada mata pelajaran IPS di SMP Plus mambaul Ulum pada
materi peran lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya alam. Tahapan
pelaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing meliputi, kegiatan pendahuluan,
kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Langkah-langkah pelaksanaannya yaitu: guru
membimbing menentukan permasalahan, guru membimbing merumuskan
hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, membuat kesimpulan. seluruh
tahapan tersebut dilalui dengan bimbingan dan arahan dari guru. 2) Pelaksanaan
model pembelajaran inkuiri bebas modifkikasi pada mata pelajaran IPS di SMP
Plus mambaul Ulum pada materi peran lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber
daya manusia. Tahapan pelaksanaan pembelajaran inkuiri bebas modifikasi
meliputi, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Langkahlangkah dalam pelaksanaannya yaitu: Guru menyajikan suatu permasalahan pada
siswa untuk dikaji, guru memberi kebebasan pada siswa dalam merumuskan
hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotsis, dan merumuskan kesimpulan.
Guru memberi kebebasan pada siswa untuk melalui seluruh tahapan tersebut,
namun sesekali siswa tetap menerima bimbingan ataupun arahan dari guru jika
ada hal yang tidak bisa dipecahkan sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Aboriginal and Torres Strait Islander Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Ms Faidatul Hasanah |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 03:47 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 03:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38393 |
Actions (login required)
View Item |