implementasi aplikasi e-bekal dalam meningkatkan literasi keuangan santri di pondok pesantren nurul jadid wilayah al-hasyimiyah

Firdaussiyah, Khayyike (2024) implementasi aplikasi e-bekal dalam meningkatkan literasi keuangan santri di pondok pesantren nurul jadid wilayah al-hasyimiyah. Undergraduate thesis, UIN kh.ahmad siddiq Jember.

[img] Text
Khayyike Firdaussiyah_211105010024.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, E-bekal, Literasi Keuangan, Strategi, Efektivitas
Pondok Pesantren Nurul Jadid telah berinovasi dengan menerapkan
aplikasi E-Bekal sebagai bentuk adaptasi terhadap perkembangan teknologi
keuangan digital. Aplikasi ini dikembangkan untuk meningkatkan efisiensi
pengelolaan keuangan santri, mengurangi risiko kesalahan pengelolaan dana, dan
mendorong literasi keuangan di kalangan santri. Melalui kerja sama dengan Bank
Syariah Indonesia, E-Bekal memungkinkan santri melakukan transaksi non-tunai
dengan transparansi yang dapat dipantau oleh wali santri. Inovasi ini tidak hanya
membantu meningkatkan kesadaran santri akan pentingnya literasi keuangan,
tetapi juga menunjukkan kemampuan pesantren dalam merespons tantangan
zaman dengan memanfaatkan teknologi.
Bedasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah 1) Bagaimana pengimplementasian aplikasi E-bekal di lingkungan
santri Pondok Pesantren Nurul Jadid wilayah Al-Hasyimiyah? 2) Bagaimana
strategi pondok pesantren Nurul Jadid dalam upaya mengoptimalkan aplikasi Ebekal dalam meningkatkan literasi keuangan santri? 3) Bagaimana efektivitas
dalam meningkatkan literasi keuangan santri pondok pesantren Nurul Jadid dalam
upaya pengoptimalisasian penggunaan aplikasi E- Bekal?
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk Mengetahui pengimplementasian
aplikasi E-bekal di lingkungan santri Pondok Pesantren Nurul Jadid wilayah AlHasyimiyah 2) Untuk mengetahui strategi pondok pesantren Nurul Jadid dalam
upaya mengoptimalkan aplikasi E-bekal dalam meningkatkan literasi keuangan
santri 3) Untuk mengetahui efektivitas dalam meningkatkan literasi keuangan
santri pondok pesantren Nurul Jadid dalam upaya pengoptimalisasian penggunaan
aplikasi E- Bekal.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneltian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data deskriptif serta
keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini 1) Pengimplementasian e-bekal di Pondok Pesantren
Nurul Jadid melalui petugas koperasi yang menginput biaya belanja barang
santriwati dan menempelkan kartu di layar ponsel. Pemakaian e-bekal hanya bisa
digunakan oleh santri aktik Pondok Pesantren Nurul Jadid 2) Penggunakan ebekal dapat meningkatkan literasi keuangan santri terbukti dari beberapa tabungan
yang dimiliki santri dari hasil sisa limit harian yang tidak terpakai, mereka lebih
memilih menabung dari pada memakai limit di esok harinya. 3) Aplikasi e-bekal
terbukti efektif dalam meningkatkan literasi keuangan santri di Pondok Pesantren
Nurul Jadid. Melalui fitur-fitur praktis dan user-friendly, santri menjadi lebih
disiplin dalam mengelola uang saku mereka. Salah satu fitur di dalam e-bekal
yang dapat membantu meningkatkan literasi keuangan santri yakni fitur tabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Miss Khayyike Firdaussiyah
Date Deposited: 23 Dec 2024 03:59
Last Modified: 23 Dec 2024 03:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38395

Actions (login required)

View Item View Item