Penegakan Disiplin Sekolah Berbasis Hak Asasi Manusia dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMA Negeri Rambipuji Jember.

ZAHROTUL, KUMALA (2020) Penegakan Disiplin Sekolah Berbasis Hak Asasi Manusia dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMA Negeri Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
ZAHROTUL KUMALA_T20151148.pdf

Download (6MB)

Abstract

Zahrotul Kumala, 2020: Penegakan Disiplin Sekolah Berbasis Hak Asasi Manusia dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMA Negeri Rambipuji Jember. Kenakalan remaja merupakan gejala umum yang terjadi dalam suatu lapisan lembaga baik formal mupun swasta sehingga perlu adanya tata tertib yang berlaku, karena tata tertib sekolah merupakan aturan-aturan yang berlaku bagi kehidupan peserta didik dan jika melanggar aturan tersebut maka yang bersangkutan akan dikenakan sanksi atau punishment. SMA Negeri Rambipuji Jember merupakan salah satu sekolah yang mengupayakan tegaknya kedisiplinan di sekolah tersebut, karena masih banyak peserta didik yang melanggar tata tertib yang sudah berlaku, sehingga sekolah bertanggung jawab untuk mengatur strategi guna meminimalisir pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui penegakan disiplin sekolah berbasis hak asasi manusia dalam membentuk akhlak siswa di SMA Negeri Rambipuji Jember. (2) mengetahui upaya guru PAI dalam membentuk akhlak siswa melalui penegakan disiplin sekolah berbasis hak asasi manusia di SMA Negeri Rambipuji Jember. (3) mengetahui kendala yang dihadapi guru PAI dalam membentuk akhlak siswa melalui penengakan disiplin sekolah berbasis hak asasi manusia di SMA Negeri Rambipuji Jember. Pendekatan dalam penelitian ini ialah termasuk pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Peneliti menentukan subyek dengan menggunakan metode purposive. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumenter. Data dianalisis menggunakan metode pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tekhnik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi tehnik dan triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian dihasilkan kesimpulan (1) Penegakan disiplin di SMAN Rambipuji Jember berusaha mengatur strategi dengan menggunakan skor point dan berusaha untuk tidak melanggar hak-hak asasi manusia agar tujuan dalam pembentukan akhlak peserta didik dapat tercapai serta memberikan punishment yang bermanfaat baik untuk peserta didik maupun sekitarnya.(2) upaya-upaya yang dilakukan untuk penegakan disiplin di SMAN Rambipuji Jember (a) Tepat waktu (b) Jujur (c) Amanah (d) Sopan dan rendah hati. (3) Kendala- kendala yang dihadapi yakni peserta didik SMAN Rambipuji Jember yang berasal dari keluarga yang kurang harmonis, lemahnya tindakan bagi mereka yang melanggar, banyak siswa yang menyepelakan tatatertib sekolah, kurangnya kerjasama antara pihak guru yang berkewajiban menerapkan kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:33
Last Modified: 26 Apr 2022 02:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3840

Actions (login required)

View Item View Item