Sitti, Maufiroh (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA KELAS XI IPA DI MAN BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Sitti maufiroh_T20188057.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan tidak lepas dari kegiatan proses belajar mengajar. Dalam proses belajar mengajar yang efektif dan efisien perlunya model pembelajaran yang sesuai. Keberhasilan suatu pendidikan dapat diketahui dari aktifnya siswa dalam belajar dan kemudian diukur dalam hasil belajar berupa aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Untuk mendapatkan keaktifan siswa dalam belajar dan hasil belajar yang maksimal memerlukan model pembelajaran yang efektif dan efisien untuk mencapai keberhasilan dalam pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran jigsaw dengan menggunakan pendekatan SAVI terhadap keaktifan belajar siswa pada materi sistem gerak manusia kelas XI IPA di MAN Bondowoso tahun ajaran 2023/2024; 2) Mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran jigsaw dengan menggunakan pendekatan SAVI terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia kelas XI IPA di MAN Bondowoso tahun ajaran 2023/2024.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tipe Quasi experiment pretest-posttest design yang dilakukan di MAN Bondowoso. Sampel penelitian menggunakan kelas XI IPA I dan XI IPA J dengan jumlah siswa 36 siswa per kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, tes dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan jigsaw dengan pendekatan SAVI secara simultan terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN Bondowoso, dibuktikan hasil uji t nilai angket keaktifan belajar siswa memiliki nilai signifikansi 0,041<0,05 dan nilai posttest hasil belajar siswa memiliki nilai signifikansi 0,004<0,05. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan, maka data angket dan posttest setelah perlakuan kelas kontrol dan eksperimen tidak homogen, sehingga nilai koefisien t yang dibaca adalah kolom t baris equal variances not assumed. Selanjutnya yaitu interpretasi hasil uji-t angket dan posttest pada baris equal variances not assumed. Hasil uji-t angket Ttabel dengan df 70 pada taraf signifikansi 5% atau 0,05 adalah 1,994. Nilai thitung adalah -5,330 < 1,994 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji-t posttest Ttabel dengan df 70 pada taraf signifikansi 5% atau 0,05 adalah 1,994. Nilai thitung adalah -4,483 < 1,994 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060604 Comparative Physiology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Mis Sitti Maufiroh |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 05:49 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 05:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38403 |
Actions (login required)
View Item |