Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam untuk menunjang Profesionalisme Kinerja dalam melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda peserta didik kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan Darul Hikmah Jember

AHMAD BADRI, - (2021) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam untuk menunjang Profesionalisme Kinerja dalam melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda peserta didik kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan Darul Hikmah Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Ahmad Badri_T20161027.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ahmad Badri, 2021: Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam untuk menunjang Profesionalisme Kinerja dalam melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda peserta didik kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan Darul Hikmah Jember. Kata Kunci : Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Profesionalisme Kinerja, pendidikan Sistem Ganda (PSG). Implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam adalah penerapan atau pelaksanaan sikap kedalaman pribadi seseorang melalui pembinaan, bimbingan dan sebagainya agar dapat tercermin sikap dan tingkah laku sesuai dengan standart yang diharapkan. Maka nilai-nilai pendidikan agama Islam ini sangat penting untuk diterapkan melalui berbagai kegiatan salah satunya melalui kegiatan keagamaan seperti pembiasaan shalat dhuha, berdo’a bersama, dan lain sebagainya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi nilai akidah? 2) Bagaimana implementasi nilai ibadah? 3) Bagaimana implementasi nilai akhlak untuk menunjang profesionalisme kinerja dalam melaksanakan PSG peserta didik kelas XII SMK Darul Hikmah Jember? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) implementasi nilai akidah, 2) implementasi nilai ibadah, 3) implementasi nilai akhlak untuk menunjang profesionalisme kinerja dalam melaksanakan PSG peserta didik kelas XII SMK Darul Hikmah Jember. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif field research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif model Miles, Huberman dan Saldana yaitu dengan langkah-langkah berikut: kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Implementasi nilai akidah untuk menunjang profesionalisme kinerja diselenggarakan dalam kegiatan istighosah bersama setiap bulan sekali, kegiatan majlis dzikir dan ilmu setiap malam minggu, berdo’a bersama sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, pembiasaan mengaji per ayat secara bergantian dan guru PAI menyampaikan materi tentang akidah seperti materi rukun iman yang enam, sesuai dan mengacu kepada materi yang ada di buku dan KD jenjang kelas masing, 2) Implementasi nilai ibadah untuk menunjang profesionalisme kinerja diselenggarakan dalam kegiatan keagamaan berupa melaksanakan shalat dhuha, shalat dhuhur, shalat jum’at, ini termasuk contoh bentuk kegiatan ibadah mahdhah. Sedangkan ibadah ghairu mahdhah ini seperti mengingatkan untuk mengucapkan salam, disiplin, saling berkompetisi dalam hal kebaikan, bekerjasama dan bermusyawarah ditempat DUDI masing- masing ketika melaksanakan PSG, 3) Implementasi nilai akhlak untuk menunjang profesionalisme kinerja dalam melaksanakan PSG peserta didik kelas XII diselenggarakan dalam kegiatan sehari- hari berupa siswa dihimbau untuk melaksanakan shalat secara benar dan khusyu’, serta guru menyampaikan materi tentang tata cara shalat yang benar serta khusyuk yang termasuk dari hablun minallah. Kemudian saling menghormati orang lain, sopan dan santun, membangun sifat kekeluargaan agar tetap solid, dan saling tolong menolong dalam kelompok PSG di tempat DUDI masing-masing yang termasuk pada hablun minan-nas. Selanjutnya kegiatan berupa menjaga lingkungan sekitar, membuang sampah pada tempatnya ini termasuk pada hablun min al-alam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:42
Last Modified: 26 Apr 2022 02:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3842

Actions (login required)

View Item View Item