rosihkhah, Majdatur (2024) PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PINTAR HURUF HIJAIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI (4-5 TAHUN) DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) KHODIJAH 129 PONDOKNONGKO. Undergraduate thesis, UIN KH Ahmad Siddiq Jember.
Text
Majdatur Rosikhah T20195032.pdf Download (26MB) |
Abstract
Kata Kunci: Media Papan Pintar, Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini
Penelitian ini membahas tentang penggunaan media papan pintar huruf
hijaiyah dalam pengenalan huruf hijaiyah kepada anak usia dini umur 4-5 tahun.
Media papan pintar huruf hijaiyah merupakan sebuah media yang dibuat secara
manual memanfaatkan sebuah papan (triplek), kemudian dihias dengan semenarik
mungkin, yang didalamnya terdapat susunan huruf hijaiyah (Alif – Ya‟). Sehingga
dengan adanya media papan pintar huruf hijaiyah tersebut, anak-anak khususnya
di TK khodijah 129 Pondoknongko lebih semangat lagi dalam pengenalan huruf
hijaiyah. Hal tersebut, dapat menumbuhkan hasil belajar siswa, meningkatkan
pemahaman, dan rasa ingin tahu siswa terhadap macam-macam huruf hijaiyah.
Penelitian ini berfokus pada apakah penggunaan media papan pintar huruf
hijaiyah mampu menambah hasil belajar siswa dalam pengenalan huruf hijaiyah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menambah pengenalan huruf hijaiyah padaanak
usia dini di TK Khodijah 129 Pondoknongko dengan penggunaan media papan
pintar huruf hijaiyah.
Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang
dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti menerapakan model
Kurt Lewin yang mana dalam pelaksanaanya terbagi menjadi 4 tahap diantaranya
perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa
kelompok A TK Khodijah 129 Pondoknongko sejumlah 22 siswa. Teknik
pengumpulan menggunakan teknik observasi dan pembuatan check list kuisioner.
Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif
bertujuan untuk menghitung skor rata-rata kemampuan pengenalan huruf hijaiyah.
Hasil penelitian dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, yaitu: 1)
Pembelajaran menggunakan media papan pintar huruf hijaiyah dilakukan
sebanyak 2 siklus, dengan tiga kali pertemuan dan empat tahapan (perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi) setiap siklusnya; 2) adanya peningkatan
dalam pengenalan huruf hijaiyah setiap siklusnya yakni persentase siswa yang
mencapai KKM tahap pra siklus (33,3%), tahap siklus 1 (50%), dan tahap siklus 2
(77,27%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Majdatur rosikhah |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 07:10 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 07:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38420 |
Actions (login required)
View Item |