Arifki, Maulana (2024) MANAJEMEN PEMBINAAN BUDAYA LITERASI PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM BULETIN ALQODIRI NEWS DI MADRASAH UNGGULAN ALQODIRI 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
MAULANA ARFIKI SKRIPSI 203101030002.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Maulana Arifki, 2024 : Manajemen Pembinaan Budaya Literasi Peserta Didik melalui Program Buletin Alqodiri News di MTs. Unggulan Alqodiri 1 Jember
Kata Kunci : Manajemen Pembinaan, Program Buletin Alqodiri News, dan Budaya Literasi
Indikator kemajuan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh tingkat literasi masyarakatnya. Tingginya budaya literasi menjadi fondasi penting bagi kesiapan suatu bangsa dalam menghadapi tantangan global di berbagai bidang, seperti ekonomi, teknologi, dan sosial. Dalam konteks ini, Madrasah Al-Qodiri berupaya berkontribusi dalam membangun budaya literasi di kalangan peserta didik melalui program inovatif, yaitu program buletin Al-Qodiri News.
Fokus penelitian dalam skiripsi ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembinaan budaya literasi peserta didik melalui program Buletin Al-Qodiri News di Madrasah Tsanawiyah Unggulan 1 Al-Qodiri Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi pembinaan budaya literasi peserta didik melalui program Buletin Al-Qodiri News di Madrasah Tsanawiyah Unggulan 1 Al-Qodiri Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, serta menerapkan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui tiga tahap, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembinaan budaya literasi peserta didik melalui beberapa tahapan: a. Perumusan tujuan sebagai dasar pelaksanaan program, b. identifikasi kebutuhan dan analisis tantangan dalam pembinaan budaya literasi dan c. Menentukan strategi pembinaan yang mencangkup; 1) Perencanaan kegiatan jurnalistik: a) Penetapan tujuan, b) Penyusunan jadwal, c) Penentuan materi, dan d) Penyediaan fasilitas pendukung. 2) Perencanaan kegiatan penerbitan buletin: a) Penentuan tema, b) Jadwal penerbitan, dan c) Penyediaan fasilitas yang diperlukan. (2) Pelaksanaan pembinaan budaya literasi peserta didik melalui dua kegiatan utama; 1) Pelaksanaan kegiatan jurnalistik, yaitu pemberian materi kepada siswa-siswi yang tergabung dalam tim redaksi untuk mengasah keterampilan jurnalistik mereka. b) Pelaksanaan kegiatan penerbitan buletin, yang melibatkan beberapa langkah: a) Pengumpulan bahan berita, b) Penulisan, c) Penyuntingan, dan d) Penerbitan. (3) Evaluasi pembinaan budaya literasi peserta didik juga dilakukan melalui dua kegiatan utama: 1) Evaluasi kegiatan jurnalistik: a) Penilaian karya b) Masukan dari pembina. 2) Evaluasi kegiatan penerbitan buletin: a) Efektivitas penyebaran buletin, b) Mengidentifikasi aspek yang perlu ditingkatkan c) Pemberian bimbingan dari pembina.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Maulana Arifki |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 06:26 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 06:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38422 |
Actions (login required)
View Item |