Dwi Sagita, Febriola Putri (2024) PENGENBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK KELAS X MAN 2 JEMBER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
FEBRIOLA PUTRI DWI SAGITA_T20188050.pdf Download (9MB) |
Abstract
Kata Kunci : E-LKPD, Berbasis Pendekatan Saintifk, Perubahan Lingkungan
Kurangnya bahan ajar yang inovatif dalam proses pembelajaran menyebabkan hasil belajar siswa menurun. Salah satunya pada kelas X MAN 2 Jember, nilai siswa kelas X MAN 2 Jember hampir sebagian nilai belum mencapai target pembelajaran yang telah ditetapkan yaitu dibawah 70. Dan dari analisis kebutuhan siswa, siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi perubahan lingkungan karena bahan ajar yang digunakan kurang efektif, siswa lebih menyukai bahan ajar elektronik yang praktis. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi bahan ajar yang cocok untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya adalah E-LKPD berbasis pendekatan saintifik. Tujuan dari penelitian ini yakni : 1) Mendeskripsikan kevalidan E-LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi perubahan lingkungan untuk siswa kelas X MAN 2 Jember. 2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap E-LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi perubahan lingkungan untuk siswa kelas X MAN 2 Jember. 3) Mendeskripsikan efektivitas E-LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi perubahan lingkungan untuk siswa kelas X MAN 2 Jember.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE Robert Maribe Branch dengan 5 tahapan yaitu : 1) Analysis; 2) Design; 3) Develompent; 4) Implementation dan 5) Evaluation. Subjek uji coba pada penelitian ini meliputi 2 dosen sebagi validator ahli media, 2 dosen sebagai validator ahli materi, 1 dosen sebagai validator ahli bahasa dan 1 guru biologi sebagai validator pengguna serta siswa dari kelas X C. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar angket dan lembar soal tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) E-LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi perubahan lingkungan dinyatakan sangat valid yang diketahui berdasarkan nilai rata-rata validasi ahli media 91,5% , rata-rata validasi ahli materi diperoleh 95,6% , dari validasi bahasa diperoleh 95,83%, dan hasil validasi guru biologi sebagai pengguna produk memperoleh 90% dengan kategori valid. 2) Hasil respon siswa terhadap produk E-LKPD didapatkan skor rata-rata dalam uji coba skala kecil 93,3% dan skor rata-rata dalam uji coba skala besar 80,98% dengan kategori baik. 3) Hasil uji efektifitas menggunakan paired simple T-Test dengan bantuan IBM SPSS Statistic 29 diperoleh nilai sig (0,001) < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar signifikan sebelum dan sesudah menggunakan E-LKPD. Dan nilai N-Gain didapatkan skor 0,65 dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060504 Microbial Ecology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Ms Febriola Putri Dwi Sagita |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 05:54 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 05:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38424 |
Actions (login required)
View Item |