Rizkiyah, Maulida Putri (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Digital berbasis Situs Web Canva pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurur Rahman Tamanan Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
MAULIDA PUTRI RIZKIYAH_204101040024.pdf Download (30MB) |
Abstract
Materi ekosistem adalah materi yang memiliki konsep abstrak yang dapat menjadi hambatan peserta didik dalam memahaminya. Salah satu solusi dalam mengatasi hambatan yang ada adalah menghadirkan visualisasi yang menarik dan kontekstual melalui media pembelajaran. Salah satu aplikasi desain grafis yang user friendly digunakan yakni Canva, canva memiliki fitur yang memungkinkan guru menciptakan media pembelajaran yang beragam, seperti infografis dan simulasi, untuk mempermudah pemahaman siswa.
Tujuan dari penelitian ini, mencakup: 1) Untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis situs web canva pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurur Rahman Tamanan Bondowoso. 2) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis situs web canva pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurur Rahman Tamanan Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development atau penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang mencakup beberapa tahapan yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation yang diperkenalkan oleh Dick dan Carry pada tahun 1996. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deksriptif kualitatif dan deksriptif kuantitatif. Validasi data yang digunakan adalah uji validitas oleh ahli materi dan media, serta uji coba skala besar dan kecil kepada sekelompok pesera didik untuk menguji kevalidan dan kelayakan dari media.
Hasil penelitian ini, yakni : 1) Produk media pembelajaran interaktif berbasis situs web canva yang telah dikembangkan memuat materi, video kuis dan edu kuis berbasis platform educaplay, materi yang berkaitan dan gambar-gambar materi yang menarik dan kontekstual. 2) Secara komprehensif, hasil dari validasi media pembelajaran yang telah dilakukan oleh ahli materi sebesar 96%, ahli media 94% dan ahli pembelajaran 98%, validasi para ahli ini mencapai rata-rata 96% dengan kategori sangat layak digunakan dan digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan hasil respon peserta didik dalam uji coba skala kecil mendapatkan persentase 79% dan uji coba skala besar mendapatkan persentase sebesar 87%, dari dua uji coba ini menghasilkan rata-rata nilai persentase sebesar 83% yang berarti sangat baik dan sangat layak untuk digunakan. Dari beberapa hasil tadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis situs web canva pada pembelajaran IPAS sangat baik dan sangat layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Maulida Putri Rizkiyah |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 07:18 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 07:18 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38429 |
Actions (login required)
View Item |