Maulidia, Izzatul (2024) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
IZZATUL MAULIDIA_202101030037.pdf Download (5MB) |
Abstract
Manajemen kurikulum merdeka merupakan kegiatan yang dilakukan dengan
sengaja melalui merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi
kegiatan kurikulum. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang memberikan
kebebasan kepada guru dan peserta didik untuk mendalami konsep dan menguatkan
kompetensi antara guru dan peserta didik. Dengan kurikulum yang baik dapat
memberikan kualitas peserta didik dan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan
kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 Banyuwangi?
2) Bagaimana pengorganisasian kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu
pendidikan di MAN 1 Banyuwangi? 3) Bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka
dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 Banyuwangi? 4) Bagaimana
evaluasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1
Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan kurikulum
merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 Banyuwangi 2) Untuk
mendeskripsikan pengorganisasian kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu
pendidikan di MAN 1 Banyuwangi 3) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan
Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 Banyuwangi
4) Untuk mendeskripsikan evaluasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu
pendidikan di MAN 1 Banyuwangi.
Penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi
terstruktur, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis
data peneliti menggunakan teori yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yakni
meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian
keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi
sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa 1) Perencanaan kurikulum
merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 Banyuwangi melalui
penyusunan kurikulum operasional madrasah dan lima tahapan seperti penetapan
kalender pendidikan sesuai kebutuhan madrasah, merumuskan program tahunan,
merumuskan program semester, menyusun alur tujuan, dan membuat modul ajar 2)
Pengorganisasian kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di
MAN 1 Banyuwangi meliputi: sistem koordinasi, pembagian tugas, struktur
organisasi 3) Pelaksanaan kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan
di MAN 1 Banyuwangi meliputi: Pelaksanaan intrakurikuler secara reguler, Profil
Pelajar Rahmatan lil „Alamin, dan ekstrakurikuler pilihan dan wajib. 4) Evaluasi
kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 Banyuwangi
meliputi: asesmen diagnostik, formatif.dan asesmen sumatif yang bersifat formal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Izzatul Maulidia Maulidia |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 05:58 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 05:58 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38436 |
Actions (login required)
View Item |