Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTs Negeri 11 Banyuwangi Tahun Pembelajaran 2023/2024

Rizky Sasidamari, Novianti (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTs Negeri 11 Banyuwangi Tahun Pembelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NOVIANTI RIZKY SASIDAMARI_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Novianti Rizky Sasidamari, 2024 : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTS Negeri 11 Banyuwangi Tahun Pembelajaran 2023/2024.

Kata kunci :​Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Teams Games Tournament, Motivasi Belajar Siswa.
​Rendahnya motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial mengakibatkan berbagai kendala dalam pemahaman materi oleh siswa. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan tidak sesuai dengan materi dan kurangnya kreatifitas dalam penyajian model yang mengakibatkan siswa kurang termotivasi dalam belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Akibatnya, guru menjadi lebih dominan, sementara siswa merasa bosan dan tidak terlibat dalam proses belajar mengajar, bahkan cenderung bermain dengan teman-teman selama pelajaran. Sebab itu dengan adanya model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata Pelajaran siswa.
​Tujuan penelitian ini agar dapat mengetahui apakah penerapan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
​Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian menggunakan model menurut Kemmis & MC Taggart. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan wawancara untuk mengevaluasi perubahan motivasi belajar siswa. Keabsahan data yang digunakan yaitu ketekunan pengamatan, triangulasi teknik, triangulasi sumber dan pengecekan teman sejawat.
​Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran koopertif tipe Teams Games Tournament (TGT) secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa, yang dibuktikan dengan peningkatan skor angket motivasi dan partisipasi aktif dalam kegiatan kelas pada 2 siklus yang digunakan dalam penelitian ini. Pada penelitian pra siklus analisis menunjukkan presentase skor 53,28 yang menunjukkan presentase sedang. Artinya peneliti akan meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Kemudian, pada masing – masing siklus 1 dan 2 presentase skor mengalami peningkatan secara signifikan yaitu 60,69 pada siklus 1, 72,56 pada siklus 2, dan 90,62 pada siklus 3. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, memberikan kontribusi positif terhadap strategi pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas untuk mendukung keberhasilan akademik siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130311 Pacific Peoples Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: ms Novianti Rizky Sasidamari
Date Deposited: 24 Dec 2024 03:19
Last Modified: 24 Dec 2024 03:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38438

Actions (login required)

View Item View Item