Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor Dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Siswa Kelas VII SMP Plus Darus Sholah Jember

Aprilia, Atina (2024) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor Dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Siswa Kelas VII SMP Plus Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Atina Aprilia_T201910013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Atina Aprilia, 2024: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor Dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Siswa Kelas VII SMP Plus Darus Sholah Jember.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division), Materi Kalor.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, di mana sebagian besar siswa bersikap pasif, kurang memperhatikan materi, dan hanya beberapa yang aktif. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran IPA yang monoton dan hanya berpusat pada guru sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) sebagai pendekatan yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII G SMP Plus Darus Sholah Jember pada materi kalor, sekaligus mendorong kolaborasi siswa dalam memecahkan masalah secara kelompok.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peningkatan hasil belajar Materi Kalor dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada siswa kelas VII G di SMP Plus Darus Sholah Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Materi Kalor dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada siswa kelas VII G di SMP Plus Darus Sholah Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart yang terbagi dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi dengan subjek penelitian berjumlah 30 orang pada siswa kelas VII G di SMP Plus Darus Sholah Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian penerapan model STAD (Student Teams Achievement Division) ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklus yang dapat dilihat dari persentase hasil posttest yang meningkat. Pada siklus I, hasil belajar siswa mencapai persentase 57%, dengan 17 siswa mencapai KKM. Pada siklus II, persentase meningkat menjadi 90% dengan 27 siswa yang mencapai KKM. Dengan demikian, siklus II dinyatakan berhasil karena nilai siswa telah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu sebesar 70%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Atina Aprilia
Date Deposited: 23 Dec 2024 06:50
Last Modified: 23 Dec 2024 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38443

Actions (login required)

View Item View Item