Pengembangan Media Permainan Monopoli Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember

zakiya, ulfatun naili (2024) Pengembangan Media Permainan Monopoli Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
ulfa.pdf

Download (34MB)

Abstract

Ulfatun Naili Zakiya, 2024: Pengembangan Media Permainan Monopoli Dalam
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas V Di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 4 Jember.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Permainan Monopoli, Pembelajaran IPAS.
Salah satu kunci keberhasilan proses pembelajaran adalah menerapkannya
media pembelajaran pada proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran
dapat berjalan dengan efektif, aktif dan menyenangkan. Seperti yang telah terjadi
di kelas VB MIN 4 Jember, proses pebelajaran yang hanya mengandalkan
ceramah dan tanya jawab sehingga kurangnya variasi media pembelajaran yang
mengakibatkan proses pembelajaran berjalan dengan monoton dan dapat membuat
peserta didik merasa bosan dan tidak tertarik untuk belajar.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana
Pengembangan Media Permainan Monopoli Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam dan Sosial Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember, (2)
Bagaimana Praktikalitas Pengembangan Media Permainan Monopoli Pada
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas V Di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 4 Jember.
Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui Pengembangan Media
Permainan Monopoli Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial
(IPAS) Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember, (2) Untuk mengetahui
Praktikalitas Pengembangan Media Permainan Monopoli Pada Pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4
Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan menggunakan
model penelitian ADDIE yang melalui 5 tahapan yaitu analisis, desain,
development (pengembangan), implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini
menggunakan subjek kelas VB MIN 4 Jember dengan 23 siswa. Produk yang
dihasilkan berupa media permainan monopoli dengan tema harmoni dalam
ekosistem yang telah melakukan uji validasi ahli diantaranya: ahli media, ahli
materi, dan ahli bahasa.
Penelitian ini memperoleh hasil: (1) kelayakan media permainan monopoli
yang diuji 3 validator diantaranya memperoleh presesntase sebesar 86% dari ahli
media dengan kategori “Sangat Layak”, 93% dari ahli materi dengan kategori
“Sangat Layak”, dan 91% dari ahli bahasa dengan kategori “Sangat Layak”. (2)
Praktikalitas pengembangan media ini dilakukan oleh ahli pembelajaran yaitu
guru kelas dan respon peserta didik yang memperoleh presentase sebesar 92%
dari ahli praktikalis dengan kategori “sangat praktis” dan presentase sebesar 91%
dari respon peserta didik. Dari hasil diatas disimpulkan bahwa media permainan
monopoli dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060807 Animal Structure and Function
Depositing User: ulfa zakiya
Date Deposited: 23 Dec 2024 07:49
Last Modified: 23 Dec 2024 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38446

Actions (login required)

View Item View Item