Khoiriyah, Wildatul (2024) PENERAPAN METODE PEMBIASAAN UNTUK MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL DI KELOMPOK B4 TK DARUS SHOLAH TEGAL BESAR JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Wildatul Khoiriyah_202101050035.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci : Penerapan Metode Pembiasaan , Nilai Agama dan Moral
Penerapan metode pembiasaan merupakan salah satu cara untuk
mengembangkan nilai agama dan moral pada anak. Taman Kanak-kanak Darus
Sholah, menggunakan metode pembiasaan membaca doa sehari-hari, hadis
pendek, asmaul husna, bacaan wudhu dan praktik shalat untuk mengembangkan
nilai agama dan moral dan aspek perkembangan lainnya, karena anak cenderung
mengabaikan perintah guru, namun jika ada pembiasaan yang baik maka anak
akan terbiasa mengingat isi dari pembiasaan tersebut dan menerapkannya dalam
kehidupan sehari-hari, pembiasaan melakukan hal positif pada anak usia dini
dapat membantu supaya anak menjadi insan yang sopan dan santun, baik dalam
lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat.
Fokus Penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Penerapan Metode Pembiasaan
Untuk Mengembangkan Nilai Agama dan Moral di Kelompok B4 TK Darus
Sholah Tegal Besar Jember? 2) Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat
Metode Pembiasaan di Kelompok B4 TK Darus Sholah Tegal Besar Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis
penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan wawancara
mendalam, observasi partisipasif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
kondensasi data, display data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian adalah : 1) Penerapan metode pembiasaan membaca
doa sehari-hari, hadis pendek, asma’ul husna, bacaan wudhu’, dan juga praktik
shalat di TK Darus Sholah Tegal Besar Jember sangat efektif diterapkan,
pembiasaan tersebut memberikan pengetahuan kepada anak terkait nilai agama
dan moral yang baik dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah, rumah,
maupun masyarakat guna mengembangkan nilai agama dan moral serta aspek
perkembangan lainnya. 2) Faktor penghambat dan pendukung metode pembiasaan
ini adalah dari faktor guru dan orang tua, yang mana guru harus menjadi figur
yang baik dalam mencontohkan metode pembiasaan kepada peserta didik, serta
orang tua juga harus bisa melanjutkan pembiasaan yang telah diterapkan
disekolah agar kebiasaan tersebut dapat diterapkan dirumah, sebagai bentuk
upaya pembiasaan yang bersifat kesinambungan kepada anak dalam
kehidupannya sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wildatul Khoiriyah |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 06:10 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 06:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38448 |
Actions (login required)
View Item |