PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTS NEGERI 6 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Aulia', Nazhirotul (2024) PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTS NEGERI 6 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SIDANG SKRIPSI REVISI .pdf

Download (22MB)

Abstract

Pendidikan agama di tingkat madrasah merupakan bagian penting dalam membentuk karakter dan akhlak siswa. Di MTs Negeri 6 Jember, mata pelajaran Akidah Akhlak memiliki peran penting dalam membentuk moral dan budi pekerti siswa. Namun, berdasarkan pengamatan awal, masih banyak siswa yang kesulitan dalam memahami materi secara mendalam, yang menunjukkan perlunya inovasi dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahaman siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran aktif, seperti tipe Index Card Match. Model ini diyakini dapat membantu siswa untuk lebih terlibat dalam kegiatan pembelajaran, serta mempermudah mereka dalam mengingat dan memahami materi yang diajarkan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Perencanaan Penerapan Model Active Learning Tipe Index Card Match Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas VIII MTs Negeri 6 Jember?, 2) Pelaksanaan Penerapan Model Active Learning Tipe Index Card Match Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas VIII MTs Negeri 6 Jember?, 3) Evaluasi Penerapan Model Active Learning Tipe Index Card Match Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas VIII MTs Negeri 6 Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Penerapan Model Active Learning tipe Index Card Match pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2023/2024, serta untuk mengetahui dampaknya terhadap keterlibatan dan pemahaman siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi penerapan model pembelajaran ini terhadap pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Jember yang mengikuti pembelajaran Akidah Akhlak menggunakan model Index Card Match.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Active Learning tipe Index Card Match dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, mengurangi kebosanan, dan membantu siswa lebih mudah memahami materi Akidah Akhlak. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model ini dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 6 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Nazhirotul Aulia
Date Deposited: 23 Dec 2024 08:50
Last Modified: 23 Dec 2024 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38458

Actions (login required)

View Item View Item