Amartia, Chairiyah Yuli (2024) ANALISIS KUALITAS SOAL SUMATIF SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMAN GRUJUGAN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022 HINGGA 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
Skripsi Chairiyah Yuli Amartia .pdf Download (11MB) |
Abstract
Chairiyah Yuli Amartia, 2024: Analisis Kualitas Soal Sumatif Semester Ganjil
Mata Pelajaran Biologi Di SMAN Grujugan Bondowoso Tahun Pelajaran
2021/2022 Hingga 2023/2024
Kata kunci: Kualitas Soal Sumatif, Semester Ganjil, Biologi
Perubahan peserta didik setelah melaksanakan proses pembelajaran dapat
diketahui dari evaluasi. Pemberian evaluasi dalam suatu kegiatan pembelajaran
mempunyai arti yang sangat penting, sehingga dengan adanya evaluasi maka tujuan
dari pembelajaran akan terlihat secara akurat dan meyakinkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal sumatif
semester ganjil mata pelajaran biologi di SMAN Grujugan Bondowoso Tahun
Pelajaran 2021/2022 Hingga 2023/2024 dari segi validitas, reliabilitas, tingkat
kesukaran, daya beda, efektivitas pengecoh, dan presentase soal HOTS.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif guna mendeskripsikan
kualitas butir soal biologi sumatif semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 hingga
2023/2024 di SMAN Grujugan Bondowoso. Metode pengumpulan data
menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel
menggunakan Purposive Sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata
pelajaran biologi dan siswa kelas XI SMAN Grujugan Bondowoso.
Hasil penelitian menggunakan uji SPSS versi 25 menunjukkan bahwa
kualitas soal sumatif dari segi validitas dan reliabilitasnya sudah bekerja secara
maksimal, sedangkan uji menggunakan Microsoft Excel dari segi daya beda dan
afektivitas pengecohnya bekerja cukup maksimal namun ada bebrapa soal yang
perlu direvisi atau boleh tidak digunakan lagi. Sedangkan pada uji tingkat
kesukaran dan presentase soal HOTS belum bekerja secara maksimal dikarenakan
perbandingan antara soal mudah, sedang, dan sukar belum proporsional. Begitu
pula pada sebaran soal HOTS dalam butir soal sumatif biologi semester ganjil
belum maksimal karena soal LOTS lebih mendominasi dari pada soal HOTS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060104 Cell Metabolism 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Ms. Chairiyah Yuli Amartia |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 07:42 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 07:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38465 |
Actions (login required)
View Item |