Implementasi Model Role Playing Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Rangka Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas Viib Di Mts Darul Amien Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024

Nikmah, Ulin (2024) Implementasi Model Role Playing Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Rangka Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas Viib Di Mts Darul Amien Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ULIN NIKMAH FIKS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Model Role Playing adalah metode pembelajaran yang melibatkan siswa
dalam memerankan tokoh atau situasi tertentu, sehingga mereka dapat memahami
konsep secara mendalam melalui pengalaman langsung. Model Role Playing ini
menekankan kepada siswa untuk aktif dalam pembelajaran, agar mereka bisa
faham dan bisa mempraktekkan nilai peran yang dilakoni secara langsung. Model
Role Playing ini sudah diterapkan oleh guru Akidah Akhlak.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
perencanaan model Role Playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak dalam
rangka meningkatkan keaktifan siswa kelas VIIB di MTs Darul Amien
Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024 ?. 2) Bagaimana pelaksanaan model
Role Playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak dalam rangka meningkatkan
keaktifan siswa kelas VIIB di MTs Darul Amien Banyuwangi Tahun Pelajaran
2023/2024 ?. 3) Bagaimana Evaluasi model Role Playing pada mata pelajaran
Akidah Akhlak dalam rangka meningkatkan keaktifan siswa kelas VIIB di MTs
Darul Amien Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024 ?.
Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan,
dan evaluasi model Role Playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak dalam
rangka meningkatkan keaktifan siswa kelas VIIB di MTs Darul Amien
Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif,
dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Lokasi penelitian ini terletak di MTs Darul Amien Banyuwangi. Subyek
penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Guru Akidah Akhlak, Wakil Kurikulum,
dan siswa kelas VIIB. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles,
Huberman, dan Saldana berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Terakhir uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, yaitu
menguji kebenaran data dengan mengkroscek data dari sumber yang berbeda,
yaitu dari guru Akidah Akhlak dan Siswa kelas VIIB. Selanjutnya triangulasi
teknik, yaitu menguji kebenaran data dengan mengkroscek data melalui metode
yang berbeda, seperti wawancara dari guru dan siswa, observasi kegiatan
pembelajaran, dan dokumentasi yang berupa Modul Ajar.
Penelitian ini memperoleh simpulan 1) Perencanaan, meliputi perumusan
tujuan pembelajaran, penetapan materi, menyusun pertanyan pemantik, menyusun
skenario, menetapkan sarana dan prasarana, serta menetapkan evaluasi. 2)
Pelaksanaan dilakukan melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan
penutup. Dalam kegiatan ini dilakukan berdasarkan langkah-langkah model Role
Playing. 3) Evaluasi meliputi penilaian sikap dengan observasi dan penilaian
pengetahuan dengan tes tertulis berupa soal-soal pilihan ganda.
Kata Kunci : Model Role Playing, Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Ulin Nikmah
Date Deposited: 23 Dec 2024 06:33
Last Modified: 23 Dec 2024 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38470

Actions (login required)

View Item View Item