fariza amelia, putri (2024) motivasi santri baru dipondok pesantren salafiyah syafi'iyah sukorejo situbondo. Undergraduate thesis, uin kh achmad siddiq jember.
Text
(Putri Fariza Amelia 204101010008).pdf Download (19MB) |
Abstract
Motivasi belajar dipengaruhi oleh kombinasi faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik meliputi minat, kebutuhan, tujuan, serta keyakinan santri terhadap pentingnya ilmu yang dipelajari. Sedangkan faktor ekstrinsik meliputi dukungan lingkungan, metode pengajaran, fasilitas, dan interaksi sosial yang kondusif. Dalam konteks pesantren, teori ini idealnya terwujud dalam bentuk pengajaran yang mampu membangkitkan rasa ingin tahu santri, lingkungan yang mendukung pembelajaran, serta pendekatan yang mendorong santri untuk berprestasi.
Fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana motivasi belajar santri baru secara intrinsik di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo? 2) Bagaimana motivasi belajar santri baru secara ekstrinsik di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui motivasi belajar santri baru secara intrinsik di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. 2) Untuk mengetahui motivasi belajar santri baru secara ekstrinsik di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus yang bertujuan untuk menggali secara mendalam motivasi belajar santri baru di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo. Pendekatan ini dipilih karena memungkinkan peneliti untuk memperoleh pemahaman yang holistik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar santri baru, baik dari aspek internal (dalam diri santri) maupun eksternal (lingkungan pesantren). Dimana dalam penelitian ini mengumpulkan data terlebih dahulu seperti menjawab angket dan selanjutnya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data diperoleh menggunakan teknik miles, huberman. Dan untuk membuktikan keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknis triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: Motivasi belajar santri baru di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu faktor internal yang berkaitan dengan keinginan pribadi untuk memperdalam agama dan kepuasan dari proses belajar, serta faktor eksternal yang meliputi dukungan lingkungan pesantren, teman sebaya, dan pengasuh. Meskipun terdapat hambatan-hambatan, mayoritas santri dapat mengatasi tantangan ini dan tetap termotivasi untuk belajar dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup dan mendekatkan diri kepada Allah. Temuan ini memberikan wawasan mengenai bagaimana lingkungan pesantren yang kondusif dan dukungan sosial berperan penting dalam membentuk motivasi belajar santri baru. Untuk itu, perlu adanya upaya berkelanjutan dalam menciptakan lingkungan yang mendukung agar motivasi belajar santri semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ms putri fariza amelia |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 08:06 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 08:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38480 |
Actions (login required)
View Item |