Rozi, Fakhrur (2024) Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Santri melalui Pengajian Kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta'allim di Pondok Pesantren Al-Mu'ayyad Singojuruh Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Fakhrur Rozi_202101010007_digilibuinkhas.pdf Download (6MB) |
Abstract
Santri sebagai peserta didik di pesantren memiliki potensi besar untuk mengembangkan akhlak yang baik. Namun, perubahan zaman dan kemajuan teknologi membawa tantangan baru dalam pembentukan akhlak. Dibandingkan dengan masa lalu, santri masa kini lebih rentan terhadap pengaruh lingkungan yang kurang mendukung, sehingga cenderung mengalami perubahan perilaku. Begitu halnya dengan fenomena akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Mu’ayyad, seperti pelanggaran aturan dan perilaku tidak baik, menunjukkan perlunya pendekatan efektif dalam membentuk akhlak mulia. Salah satu upaya dilakukan melalui pengajian kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta’allim, yang memberikan panduan sistematis mengenai adab dan etika, serta menjadi dasar kuat dalam interaksi sehari-hari santri.
Fokus pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana tahap transformasi nilai akhlak santri melalui pengajian kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta’allim?. 2) Bagaimana tahap transaksi nilai akhlak santri melalui pengajian kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta’allim?. 3) Bagaimana tahap transinternalisasi nilai akhlak santri melalui pengajian kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta’allim?.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Tahap transformasi nilai akhlak santri melalui pengajian kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta’allim. 2) Tahap transaksi nilai akhlak santri melalui pengajian kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta’allim. 3) Tahap transinternalisasi nilai akhlak santri melalui pengajian kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta’allim
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Observasi 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis triangulasi yaitu: 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Milles dan Huberman yaitu 1) Kondensasi data, 2) Penyajian data. dan 3) Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian tentang internalisasi nilai-nilai akhlak santri melalui pengajian kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta’allim di Pondok Pesantren Al-Muayyad berlangsung pada tiga tahap: 1) Tahap transformasi, nilai-nilai akhlak dipahami secara kognitif melalui pengajaran konsisten menggunakan metode bandongan, didukung oleh lingkungan yang kondusif. 2) Tahap transaksi terjadi melalui interaksi aktif antara pengajar dan santri, di mana pendekatan kontekstual dan diskusi mendalam membantu santri mengaplikasikan nilai-nilai tersebut. 3) Tahap transinternalisasi melibatkan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari dan keteladanan pengajar, dengan pengawasan berkelanjutan yang mendorong perubahan perilaku signifikan, seperti peningkatan kedisiplinan, tata krama, dan penghormatan terhadap guru serta sesama santri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Akhlak Santri, Kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta'allim |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Skripsi Fakhrur Rozi |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 07:04 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 07:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38499 |
Actions (login required)
View Item |