Implementasi Gerakan Sekolah Mengaji di Sekolah SMPN1 Kedungjajang Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022

NIKMATUL, KHASANAH (2021) Implementasi Gerakan Sekolah Mengaji di Sekolah SMPN1 Kedungjajang Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
NIKMATUL KHASANAH_T20171271.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nikmatul Khasanah, 2021: Implementasi Gerakan Sekolah Mengaji di Sekolah SMPN1 Kedungjajang Gerakan sekolah mengaji atau GSM merupakan salah satu gerakan yang positif dan berkembang di Indonesia. Salah satunya berada di daerah kabupaten Lumajang Jawa Timur. Gerakan sekolah mengaji merupakan salah satu program yang direncanakan oleh dinas pendidikan Kabupaten Lumajang, sebagai langkah awal untuk menjadi lebih baik dengan selalu mengamalkan nilai-nilai qur’ani. Pelaksanaan Gerakan Sekolah Mengaji merupakan satu sisi yang dapat menumbuhkan rasa ketertarikan yang kuat terhadap pelaksanaan nilai-nilai agama Islam di lingkungan sekolah. Fokus permasalahn yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana implementasi program gerakan sekolah mengaji di SMPN1 Kedungjajang tahun pelajaran 2021? 2) bagaimana problematika program gerakan sekolah mengaji di SMPN1 Kedungjajang tahun pelajaran 2021? 3) Bagaimana solusi untuk menghadapi problematika program gerakan sekolah mengaji di SMPN1 Kedungjajang tahun pelajaran 2021? Tujuan peneliti ini adalah mendeskripsikan program gerakan sekolah mengaji di SMPN 1 Kedungjajang, mendeskripsikan problematika program gerakan sekolah mengaji di SMPN1 Kedungjajang tahun pelajaran 2021 dan mendeskripsikan solusi untuk menghadapi problematika program gerakan sekolah mengaji di SMPN1 Kedungjajang tahun pelajaran 2021 Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan tekhnik studi kasus yang bersifat deskriptif, menganalisis proses pelaksanaan program gerakan sekolah mengaji terhadap minat membaca Al-Qur’an di SMPN 1 Kedungjajang. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi program gerakan sekolah mengaji di SMPN 1 Kedungjajang tahun pelajaran 2021 yakni dalam implementasi atau penerapan gerakan sekolah mengaji yang dilakukan oleh dinas pendidikan kabupaten Lumajang yang dilaksanakan di SMPN 1 Kedungjajang mendapat respon yang sangat baik dan sangat membantu. Tujuan dari gerakan sekolah mengaji ini untuk meningkatkan minat membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid. Adapun metode yang dihunakan dalam membaca AlQur’an yaitu metode tartila dan metode sorogan. 2) Bagaimana problematika program gerakan sekolah mengaji di SMPN1 Kedungjajang Lumajang Tahun Pelajaran 2021 yakni terdapat tiga problematika atau kendala dalam program gerakan sekolah mengaji. Pertama, kurangnya kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an. Kedua, kurang maksimalnya kegiatan mengaji Al-Qur’an. Dan ketiga, kurangnya tenaga pendidik. 3) Bagaimana solusi untuk menghadapi problematika program gerakan sekolah mengaji di SMPN1 Kedungjajang Tahun Pelajaran 2021 yakni ada tiga solusi. Pertama, mengajarkan cara membacxa AlQur’an kepada peserta didik agar cepat bisa membaca. Kedua, mengisi kegiatan x diwaktu luang atau senggang seperti waktu pulang sekolah atau pada hari jum’at. Ketiga, menambahkan tenaga pendidik yang profesional dalam bidang pendidikan agama Islam. Serta menambahkan guru dalam bidang keagamaan seperti guru ngaji, ustadz dan ustadzah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:44
Last Modified: 26 Apr 2022 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3851

Actions (login required)

View Item View Item