Arafah, Febriyanti (2024) Implementasi Ekstrakurikuler Seni Tari Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negeri Kepatihan 01 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI FEBRIYANTI WATERMARK.pdf Download (9MB) |
Abstract
Dalam ekstrakurikuler seni tari ini tidak hanya mengajarkan untuk mencintai
budaya sendiri namun juga sebagai wadah pembentukan karakter terhadap siswa.
Karakter yang terbentuk dalam ekstrakurikuler seni tari di SDN Kepatihan 01
Jember yaitu kreatif, percaya diri, peduli lingkungan dan peduli sosial.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan
implementasi ekstrakurikuler seni tari dalam membentuk karakter peserta didik di
Sekolah Dasar Negeri Kepatihan 01 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan
implementasi ekstrakurikuler seni tari dalam membentuk karakter peserta didik di
Sekolah Dasar Negeri Kepatihan 01 Jember? 3) Bagaimana evaluasi implementasi
ekstrakurikuler seni tari dalam membentuk karakter peserta didik di Sekolah Dasar
Kepatihan 01 Jember? 4) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat
implementasi ekstrakurikuler dalam membentuk karakter peserta didik di Sekolah
Dasar Negeri Kepatihan 01 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan
bagaimana pembentukan karakter kreatif pada peserta didik dalam ekstrakurikuler
seni tari di Sekolah Dasar Negeri Kepatihan 01 Jember. 2) Untuk mengetahui dan
mendeskripsikan bagaimana pembentukan karakter percaya diri pada peserta didik
dalam ekstrakurikuler seni tari di Sekolah Dasar Negeri Kepatihan 01 Jember. 3)
Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pembentukan karakter peduli
lingkungan pada peserta didik dalam ekstrakurikuler seni tari di Sekolah Dasar
Negeri Kepatihan 01 Jember. 4) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagimana
pembentukan karakter peduli sosial pada peserta didik dalam ekstrakurikuler seni
tari di Sekolah Dasar Negeri Kepatihan 01 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan juga
dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil Penelitian ini bahwa 1) Perencanaan dalam implementasi ekstrakurikuler
seni tari yaitu dengan mempersiapkan semua kebutuhan dan jadwal kegiatan
ekstrakurikuler seni tari, 2) Pelaksanaan ekstrakurikuler seni tari dilaksanakan
sesuai perencanaan awal dan pembentukan karakter pada peserta didik, 3) Evaluasi
kegiatan ekstrakurikuler seni tari dilakukan setiap semester yang mana dibahas
bersama pamong seni tari dan juga kepala sekolah untuk hal-hal yang harus
dipertahankan dan diperbaiki lagi, 4) Faktor pendukung dan penghambat dalam
kegiatan ekstrakurikuler seni tari tidak banyak melainkan penghambat kecil saja
seperti sound yang terkadang susah hidup dan faktor pendukung didapat dari
berbagai pihak seperti ibu-ibu paguyuban seni tari dan juga pihak sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1905 Visual Arts and Crafts > 190599 Visual Arts and Crafts not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S.Pd Febriyanti Arafah Arafah |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 06:30 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 06:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38513 |
Actions (login required)
View Item |