Alisa, Diniar (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VII di SMP Negeri 1 Bangsalsari tahun ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Diniar Alisa (202101090029) .pdf Download (9MB) |
Abstract
Diniar Alisa, 2024: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Bangsalsari Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata Kunci: snowball throwing, hasil belajar, pembelajaran IPS
Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan di SMP Negeri 1 Bangsalsari, terdapat penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi yang digunakan oleh guru IPS. Model pembelajaran yang sering digunakan adalah model pembelajaran konvensional dan ekspositori yang berpusat pada penyampaian guru dan siswa mendengarkan materi, sehingga siswa menjadi bosan dan kurang dalam memahami materi yang disampaikan, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi guna meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan cara menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing yang merupakan model pembelajaran dengan melakukan permainan imajinatif berupa lemparan bola pertanyaan secara bergantian.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di SMP Negeri 1 Bangsalsari tahun ajaran 2024/2025. Adapun Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu PengetahuanSosial kelas VII di SMP Negeri 1 Bangsalsari tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-exsperimental. Desain penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah Non Equivalent Group Design yaitu desain penelitian dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Setelah itu, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sebelum di analisis data karena berkaitan dengan teknik yang digunakan adalahuji hipotesis dengan menggunakan Idependent Sample T-test.
Hasil analisis data dalam penelitian menggunakan IndependentSample T-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001 nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) < 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolakdan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS kelas VII materi potensi bencana alam di Indonesia di SMPN 1 Bangsalsari tahun pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Diniar Alisa |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 04:26 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 04:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38515 |
Actions (login required)
View Item |