Arifah, Dzurrotul (2024) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MADRASAH ALIYAH ISLAMIYAH SYAFI’IYAH SUMBERANYAR PAITON PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
DZURROTUL ARIFAH_202101030055 (6).pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Manajemen, Karakter Disiplin, Ekstrakurikuler Pramuka
Di tengah tantangan zaman yang semakin kompleks, krisis moral yang terjadi di kalangan anak-anak, remaja, dan masyarakat pada umumnya menuntut perlunya perhatian lebih terhadap pendidikan karakter. Pendidikan karakter tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan aspek kognitif, tetapi juga menanamkan nilai-nilai moral dan etika yang penting untuk membentuk individu yang bertanggung jawab, disiplin, jujur, dan peduli terhadap sesama. Untuk mengatasi masalah ini, kegiatan ekstrakurikuler dapat menjadi salah satu sarana yang efektif. Sebagai kegiatan non-akademik yang dilaksanakan di luar jam pelajaran, ekstrakurikuler memiliki peran penting dalam membangun karakter disiplin peserta didik.
Pada penelitian ini, fokus penelitian yang diambil adalah: 1) Bagaimana perencanaan manajemen pendidikan karakter disiplin siswa melalui ekstrakurikuler Pramuka?, 2) Bagaimana pelaksanaan manajemen pendidikan karakter disiplin siswa melalui ekstrakurikuler Pramuka?, 3) Bagaimana evaluasi manajemen pendidikan karakter disiplin siswa melalui ekstrakurikuler Pramuka?. Dengan begitu, tujuan penelitian ini adalah agar mengetahui konsep perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen pendidikan karakter disiplin siswa melalui ekstrakurikuler Pramuka.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Yaitu kegiatan ilmiah yang bertujuan untuk mengumpulkan data secara sistematik sesuai dengan klasifikasi tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri kondesasi data, pengumpulan data, penyajan data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan ekstrakurikuler Pramuka di MA. Islamiyah Syafiiyah Sumberanyar Paiton Probolinggo dilakukan secara terstruktur berdasarkan analisis kebutuhan, penetapan tujuan dan adanya program ekstrakurikuler. 2) Pelaksanaan program Pramuka di MA Islamiyah Syafiiyah berjalan sesuai rencana, dengan kegiatan rutin dan keterampilan kepramukaan melalui praktik langsung di lapangan yang menekankan disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama. 3) Evaluasi program dilakukan rutin dan sistematis melalui pengawasan dan penilaian melalui rapat bulanan. Evaluasi ini memastikan efektivitas program dalam membentuk karakter disiplin siswa dan memungkinkan penyesuaian jika diperlukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Dzurrotul Arifah |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 09:09 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 09:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38519 |
Actions (login required)
View Item |