Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Film Dokumenter Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Gending Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020.

SAHRUL ANAM, - (2020) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Film Dokumenter Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Gending Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
SAHRUL ANAM_T20169037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sahrul Anam, 2020 : Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Film Dokumenter Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Gending Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Media Pembelajaran Film Dokumenter, Hasil Belajar. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaruan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien yang meskipun sederhana dan bersahaja, tetapi merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran film dokumenter terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Gending Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020?” Adapun dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan media pembelajaran film dokumenter terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Gending Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental atau eksperimen semu yang didesain dengan menggunakan non-equivalent control group design, yaitu desain penelitian dengan pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas experiment dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Penentuan sample ini menggunakan purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa nilai postest. Analisis dan uji hipotesis dengan Independent Sample T-Test dan dilakukan bantuan program IBM SPSS for Windows versi 22. Hasil penelitian ini menunjukan hasil uji hipotesis dengan mengunakan uji Independent Sample T-Test diperoleh bahwa nilai sig.(2-tailed) yaitu 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi atau nilai sig (2-tailed) < 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis alternative (Ha) diterima artinya : Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran film dokumenter terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Gending Probolinggo tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:44
Last Modified: 26 Apr 2022 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3852

Actions (login required)

View Item View Item