Manajemen program tahfidz al-qur’an dengan metode wahdah di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al-Azhar Ledokombo Jember

Hasanah, Ulfatul (2024) Manajemen program tahfidz al-qur’an dengan metode wahdah di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al-Azhar Ledokombo Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ulfatul Hasanah_201101030041 (SKRIPSI).pdf

Download (3MB)

Abstract

Ulfatul Hasanah, 2024: Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an dengan Metode
Wahdah di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an (PPTQ) Al-Azhar Ledokombo
Jember.
Kata Kunci: Manajemen, Program, Tahfidz Al-Qur’an, Metode Wahdah.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan pesat Pondok Pesantren
Tahfidz Qur'an (PPTQ) Al-Azhar Ledokombo, yang didirikan oleh seorang hafidz
Qur'an, Kyai Faozun Arosi, S.Pd.I. Pondok ini memiliki sistem manajemen
program tahfidz yang unik dengan metode wahdah. Peneliti tertarik untuk
mendalami strategi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program tahfidz guna
mengetahui faktor-faktor kunci yang mendukung keberhasilan pengelolaan pondok
pesantren dalam mencetak generasi penghafal Al-Qur'an yang berkualitas.
Penelitian ini memiliki tiga fokus yakni: (1) Bagaimana perencanaan
Program Tahfidz Al-Qur’an dengan metode Wahdah di PPTQ Al-Azhar
Ledokombo? (2) Bagaimana pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an dengan
metode Wahdah di PPTQ Al-Azhar Ledokombo? (3) Bagaimana evaluasi Program
Tahfidz Al-Qur’an dengan metode Wahdah di PPTQ Al-Azhar Ledokombo?
Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan
perencanaan Program Tahfidz Al-Qur’an dengan metode Wahdah di PPTQ Al�Azhar Ledokombo (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Program Tahfidz Al�Qur’an dengan metode Wahdah di PPTQ Al-Azhar Ledokombo (3) Untuk
mendeskripsikan evaluasi Program Tahfidz Al-Qur’an dengan metode Wahdah di
PPTQ Al-Azhar Ledokombo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi
dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sementara itu dalam keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan: Program tahfidz Al-Qur'an
dengan metode wahdah dirancang melalui target yang jelas dan realistis, didukung
oleh alokasi sumber daya yang memadai, serta standar keberhasilan yang ketat. (2)
Pelaksanaan: Program tahfidz Al-Qur'an dengan metode wahdah dilaksanakan
dengan strategi muroja'ah, bimbingan intensif oleh ustadz/ustadzah yang kompeten,
serta pengintegrasian nilai-nilai Islam dalam kehidupan santri. (3) Evaluasi:
Evaluasi program tahfidz Al-Qur'an dengan metode wahdah dilakukan secara
berkala dengan memantau kemajuan hafalan melalui jadwal harian dan mingguan.
Solusi terhadap kendala, seperti jadwal muroja'ah yang ketat dan motivasi santri,
diterapkan untuk memperkuat hafalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ulfatul Hasanah
Date Deposited: 23 Dec 2024 09:04
Last Modified: 23 Dec 2024 09:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38524

Actions (login required)

View Item View Item