ANALISIS DAMPAK KEHADIRAN SUPORTER SEPAK BOLA PADA PENINGKATAN HASIL PENJUALAN DI UMKM SEKITAR STADION KANJURUHAN MALANG

Azhar, M. Raihan (2024) ANALISIS DAMPAK KEHADIRAN SUPORTER SEPAK BOLA PADA PENINGKATAN HASIL PENJUALAN DI UMKM SEKITAR STADION KANJURUHAN MALANG. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M.RAIHAN AZHAR-E20192331.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Suporter Sepak bola, UMKM, Hasil Penjualan
Suporter sepak bola adalah konsumen utama dalam aktivitas jual beli yang
ada di lingkup stadion, dimana kehadirannya mampu mendongkrak pertumbuhan
UMKM dengan tingkat konsumsi yang relatif tinggi. UMKM sebagai penyedia
produk di lingkungan stadion dapat dipastikan menerima keuntungan atas
meningkatnya hasil penjualan berkat kehadiran suporter, yang kemudian
bagaimana dampak dari situasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh UMKM dalam
menjaga keberlangsungan bisnisnya.
Fokus permasalahan pada penelitian ini adalah, (1) Bagaimana kehadiran
suporter sepak bola sebagai konsumen utama dalam meningkatkan hasil penjualan
UMKM sekitar Stadion Kanjuruhan? (2) Bagaimana dampak kehadiran suporter
sepak bola pada peningkatan hasil penjualan UMKM sekitar Stadion Kanjuruhan?
Tujuan dari penelitian ini adalah, (1) Mengetahui kehadiran suporter sepak
bola dalam meningkatkan hasil penjualan UMKM sekitar Stadion Kanjuruhan, (2)
Mengetahui dampak kehadiran suporter sepak bola pada peningkatan hasil
penjualan UMKM sekitar Stadion Kanjuruhan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik yang digunakan ditargetkan untuk menentukan topik penelitian.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Dalam analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian
data, dan kesimpulan dengan metode keabsahan menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan, (1) Kehadiran suporter sepak bola
memiliki peran siginfikan dalam meningkatkan hasil penjualan UMKM dengan
keterlibatan konsumen atas faktor pribadi, faktor produk, dan faktor situasi. (2)
Dampak yang dihasilkan atas peningkatan hasil penjualan UMKM dapat
dimanfaatkan oleh pelaku usaha dengan adanya pembaharuan atau inovasi
produk, peningkatan produktivitas, dan terciptanya lapangan kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: M M. Raihan Azhar
Date Deposited: 23 Dec 2024 08:28
Last Modified: 23 Dec 2024 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38529

Actions (login required)

View Item View Item