Miftatul Arifin, Sofyan (2024) POTENSI BISNIS FRANCHISE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KEBAB (STUDI KASUS PADA HANANIA KEBAB JEMBER). Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Shiddiq Jember.
Text
Sofyan Miftatul Arifin_E20192242__.pdf Download (6MB) |
Abstract
Sofyan Miftatul Arifin, Fatimatuzzahro, 2024: “Potensi Bisnis Franchise
Dalam Meningkatkan Penjualan Kebab (Studi Kasus Pada Hanania Kebab
Jember)”.
Kata Kunci : Potensi Bisnis, Franchise, Kebab, Penjualan.
Kebab merupakan makanan yang berasal dari timur tengah. Kebab
menjadi salah satu makanan siap saji yang dijadikan sebagai alternatif bagi
konsumen dalam memenuhi kebutuhan terhadap makanan. Kebab memliki
perbedaan dibandingkan produk makanan siap saji lainnya. Kebab terdiri dari roti
tipis (tortilla), irisan daging, sayur, saus dan mayonais. Beberapa masyarakat
Indonesia kemudian mengadopsi kebab dan disesuaikan dengan lidah orang
Indonesia. Makanan ini banyak diminati oleh masyarakat, sehingga banyak
muncul usaha kebab denga berbagai merek . Sejak awal mula produk kebab
dipasarkan di Indonesia, kebab mendapat respon positif, sehingga banyak
pengusaha kebab yang berpikir mewaralabakan usahanya.
Adapun fokus penelitian yang dibahas dalam penelitian ini meliputi: 1)
Potensi bisnis apa yang ada pada franchise hanania kebab di Jember? 2)
Bagaimana meningkatkan penjualan kebab melalui potensi yang dimiliki pada
bisnis franchise hanania kebab di Jember dengan strategi ekonomi Islam?
Tujuan dalam penelitian ini meniputi: 1) Untuk mengetahui Potensi bisnis
apa yang ada pada franchise hanania kebab di Jember. 2) Untuk mengetahui
Bagaimana meningkatkan penjualan kebab melalui potensi yang dimiliki pada
bisnis franchise hanania kebab di Jember dengan strategi ekonomi Islam.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan jenis studi kasus. Dipilih karena tujuan penelitian ini adalah untuk
memahami dan mengeksplorasi fenomena yang sedang diteliti bagaimana Potensi
Bisnis Franchise Hanania Kebab dengan menggunakan teknik pengumpulan data
seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah Potensi bisnis franchise Hanania Kebab di
Jember dapat dilihat dari beberapa aspek yang mendukung pertumbuhannya
dalam industri makanan cepat saji, khususnya kebab. Dengan memanfaatkan
potensi pasar yang ada, dukungan dari model bisnis franchise, inovasi menu untuk
memenuhi selera konsumen yang beragam. Dan dengan menerapkan strategi STP
yang tepat serta mengintegrasikan prinsip-prinsip ekonomi Islam, Hanania Kebab
di Jember dapat meningkatkan penjualan secara signifikan. Fokus pada tanggung
jawab sosial yang mengimplementasikan prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam
operasional bisnis, seperti memastikan kehalalan bahan baku dapat meningkatkan
citra merek dan menarik pelanggan yang peduli dengan nilai-nilai etika. Serta
kualitas pelayanan akan membantu menarik lebih banyak pelanggan dan
membangun loyalitas jangka panjang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Sofyan Miftatul arifin |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 04:17 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 04:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38532 |
Actions (login required)
View Item |