Pengembangan buku digital (E-book) pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul ulum Wirowongso Ajung Jember

Prahadianti, Adinda Putri Rizki (2024) Pengembangan buku digital (E-book) pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul ulum Wirowongso Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
adinda putri rizki p_212101040036.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman di era modern ini yakni pesatnya
perkembangan teknologi digital sangat berdampak pada ranah pendidikan. Pada
sekolah MI Miftahul Ulum terdapat analisis permasalahan yakni guru dan siswa
hanya menggunakan LKS saja sebagai bahan ajar sehingga membuat proses
pembelajaran menjadi membosankan. Penggunaan buku digital (e-book) menjadi
solusi alternatif dan relevan dalam mendukung kebutuhan pembelajaran. Buku
digital (e-book) memmungkinkan penyebaran ilmu pengetahuan menjadi lebih
luas yakni dapat di akses dimana saja.
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah 1) untuk menghasilkan produk
berupa buku digital (e-book) pada pembelajaran IPAS kelas IV di MI Miftahul
Ulum Wirowongso Ajung Jember. 2) Untuk mengetahui validitas buku digital (ebook) pada pembelajaran IPAS kelas IV di MI Miftahul Ulum Wirowongso Ajung
Jember
Metode penelitian yang digunakan yaitu Research And Development (R&D)
dengan model ADDIE. Pada tahap (A)nalisis ditemukannya analisis permasalahan
yakni guru dan siswa hanya menggunakan bahan ajar berupa LKS saja, kemudian
penarikan kesimpulan dari analisis kebutuhan yakni kurangnya variasi bahan ajar.
Pada tahap (D)esain, peneliti mendesain buku digital (e-book). Tahap
(D)evelopment dihasilkanlah produk buku digital (e-book). Kemudian di
(I)mplementasi atau diterapkannya buku digital (e-book) dan (E)valuation. Teknik
pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Pada validitas dilakukan dengan dua tahap, yakni uji coba skala kecil dan uji coba
skala besar.
Hasil penelitian ini adalah, 1) Menghasilkan produk buku digital dengan
format booklet yang menyajikan materi dan soal-soal berupa game online 2)
Adapun validitas dari buku digital dikatan sangat valid oleh para ahli, data ini
dapat dibuktikan dengan hasil angket ahli media sebesar 89% (sangat valid), hasil
angket ahli materi sebesar 90% (sangat valid), hasil angket ahli bahasa sebesar
93% (sangat valid), serta hasil angket guru IPAS sebesar 95% nilai ini dapat
dikategorikan (sangat valid) dan dapat diterapkan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069902 Global Change Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Adinda Adinda Putri
Date Deposited: 23 Dec 2024 07:05
Last Modified: 23 Dec 2024 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38534

Actions (login required)

View Item View Item