Implementasi Kultur Literasi dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bondowoso Tahun Pelajaan 2019/2020.

Iim Nayatul, Karimah (2021) Implementasi Kultur Literasi dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bondowoso Tahun Pelajaan 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Iim Nayatul Karimah_T20164010.pdf

Download (8MB)

Abstract

Iim Nayatul Karimah, 2020 : Implementasi Kultur Literasi dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bondowoso Tahun Pelajaan 2019/2020. Kultur Literasi atau sering disebut budaya literasi dengan membaca sebelum melakukan aktivitas pembelajaran. Mengingat membaca merupakan dasar bagi seseorang memperoleh pengalaman, keterampilan, dan pembentukan sikap. Maka membiasakan membaca 15 menit merupakan langkah penting untuk menumbuhkan kebiasaan atau budaya membaca siswa. Kultur atau budaya merupakan cara berpikir yang berasal dari kebiasaan tingkah laku manusia. Kultur Literasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bondowoso ini memberikan motivasi kepada peserta didik untuk aktif membaca sehingga kegemaran dan minat bacanya meningkat, dengan kultur literasi ini siswa dapat berpikir kritis. Fokus penelitian dalam penelitian ini ada 3 yaitu, 1) Bagaimana perencanaan kultur literasi dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas v di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020 ? 2) Bagaimana pelaksanaan kultur literasi dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas v di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020 ? 3) Bagaimana evaluasi kultur literasi dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas v di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020 ? Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di MIN 3 Bondowoso. Penentuan informan menggunakan teknik Purposive, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan data condensation, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik dan sumber triangulasi. Hasil dari penelitian ini, ada 3 yaitu 1) tahap perencanaan implementasi kultur literasi dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis di MIN 3 Bondowoso, yaitu pihak sekolah mengadakan rapat terlebih dahulu dengan guru dan wali murid mengenai kultur literasi harus disesuaikan dengan K-13, Sekolah juga mempersiapkan fasilitas dan sarana prasarana untuk penunjang kegiatan kultur literasi.2) Pelaksanaannya dilakukan dengan a.Tahap pembiasaan yang mana tahap ini berupa kunjungan perpustakaan sekolah, melakukan kegiatan membaca setiap pagi, dan terdapat bacaan koleksi cetak. b. Tahap pengembangan ini ada kunjungan perpustakaan sekolah dan c. Pembelajaran di luar lingkungan sekolah, dan tahap pembelajaran yang mana ada pembelajaran di dalam kelas, di luar kelas, di perpustakaan sekolah dan lingkungan di luar sekolah, Sedangkan 3) evaluasi yang didapatkan adalah guru memberikan tes terhadap siswa dengan merangkum hasil pembelajaran saat itu juga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:44
Last Modified: 26 Apr 2022 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3855

Actions (login required)

View Item View Item